Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

Presiden Jokowi Naik Tank di HUT Ke-78 TNI

RMN Indonesia, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara HUT ke-78 TNI di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Jokowi menaiki tank untuk mengecek pasukan, Kamis (5/10/2023).

Jokowi tampak mengenakan jas hitam. Dia menaiki tank BMP-3F yang merupakan jenis tank amfibi. Jokowi tampak didampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Mereka berkeliling mengecek kesiapan pasukan upacara.

Selain Jokowi, sejumlah tokoh dan pejabat juga tampak hadir di upacara HUT ke-78 TNI ini. Tampak Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Wapres ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, hingga Wapres ke-11 Boediono.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga terlihat hadir.

Diketahui, Jokowi tiba pukul 07.48 WIB. Dia didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi Widodo. Jokowi disambut Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga sudah hadir di lokasi. Sejumlah pejabat juga menghadiri upacara HUT ke-78 TNI.

Di antaranya, Mendagri Tito Karnavian, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, hingga Ketua Wantimpres Wiranto. KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Muhammad Ali, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo juga sudah tampak di lokasi.

Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Mayjen TNI Choirul Anam. Dia diketahui menjabat sebagai Panglima Divisi Infanteri 3/Kostrad.

Untuk diketahui, hari ini adalah perayaan HUT ke-78 TNI, yang setiap tahunnya diperingati pada 5 Oktober. Sejumlah persiapan menyambut puncak acara dilakukan sejak pekan lalu.

Upacara Parade dan Defile HUT ke-78 TNI Tahun 2023 mengerahkan 4.630 personel pasukan dan 130 Alutsista. Kekuatan Pasukan Upacara Parade nantinya terdiri dari Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI AD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk dan Satsik.

Sedangkan kekuatan untuk Defile Pasukan dan Alutsista terdiri dari 1 Yon Drumband gabungan Taruna Akademi TNI, Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI, 1 Brigade TNI AD 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk, 1 Kompi Pasukan Teatical dan pok Pers Veteran (naik kendaraan).

Demo udara juga akan dilakukan pada HUT ke-78 TNI dengan melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara pada 5 Oktober 2023. Demo udara itu di antaranya fly pass pesawat tempur, helikopter dan free fall sebanyak 78 personel.

Juga tari helikopter diiringi lagu Gemu Famire dan diikuti Wan TNI dan ibu-ibu sebanyak 300 personel, dan display drumband Taruna Akademi TNI sejumlah 250 personel dan ditutup dengan demonstrasi Kolone Senapan Kolosal sebanyak 678 personel.(hmi)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles