Selasa, Juli 23, 2024
spot_img

Jokowi: 96 Negara Jadi Pasiennya IMF Imbas Krisis ala 97-98

RMN Indonesia, BOGOR- Presiden Joko Widodo menyebut 96 negara dari sekitar 260 negara di dunia kini sedang jadi ‘pasien’ International Monetary Fund (IMF) akibat krisis perekonomian.
Ia menyebut kondisi negara-negara itu tak beda dengan kondisi krisis moneter Indonesia di 1997 dan 1998.

“Perlu saya sampaikan, sekarang ini sudah 96 negara dari kira-kira 260-an lebih negara, 96 negara sudah masuk jadi pasiennya IMF,” ujar Jokowi di acara konsolidasi relawan Alap-alap Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Sabtu (7/10/2023).

“Kaya kita tahun 97-98. Pernah kita menjadi pasiennya IMF,” katanya.

Jokowi menyebut kondisi tersebut kini tak lagi terjadi di Indonesia. Menurutnya, RI bisa terhindar dari krisis itu lantaran seluruh elemen masyarakat dan pemerintah berhasil bekerjasama untuk pulih dari pandemi C-19.

“Kita alhamdulilah masih normal, negara kita Indonesia,” papar Jokowi.

“Berkat kerja keras kita semuanya. Karena setelah Covid masuk mengenai hampir semua negara di dunia, semua negara kena semuanya ada yang bisa kembali normal, baik itu kesehatan maupun ekonominya, dan salah satunya adalah Indonesia,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengklaim Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang sukses membangkitkan kembali kekuatan ekonominya usai dilanda pandemi covid-19.

“Indonesia menjadi salah satu yang terbaik ekonominya pertumbuhannya setelah Covid menerpa kita semuanya,” tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani membenarkan Indonesia sejak lama sudah melunasi utang kepada IMF.

“Lama banget itu [pelunasan utang Indonesia ke IMF], sudah kan. Kan IMF program tahun berapa itu, 1997-1998 atau 2000 awal? Dan waktu itu sudah dilunasi semua. Jadi tidak ada [utang]. Memang sudah lama sekali, kok kenapa sekarang tiba-tiba muncul?” cetusnya di Kompleks DPR RI, Jakarta, Selasa (4/7/2023).(dri/cnn/hmi)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles