Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

Perbedaan Kompor Induksi dan Listrik, Begini Penjelasannya

RMNI Indonesia, JAKARTA – Bagi kalian yang ingin beralih dari kompor gas ke kompor induksi atau listrik, sebelum membeli, penting untuk mengetahui lebih dulu perbedaannya. Kompor induksi dan listrik punya karakteristik berbeda meski secara tampilan hampir sama.

Kompor induksi dan listrik merupakan dua jenis kompor yang berbeda. Secara wujud, memang sama-sama modern serta sama-sama tidak menggunakan api untuk menghasilkan panas. Tapi pada dasarnya keduanya punya cara kerja masing-masing.

Jadi jangan sampai salah pilih ketika membeli. Lantas apa saja perbedaan kompor induksi dan listrik? Nah untuk menemukan jawabannya, simak paparan berikut ini, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (29/9/2023).

Perbedaan kompor induksi dan listrik

Kompor Induksi

Kompor induksi menggunakan radiasi elektromagnetik untuk memanaskan alat masak secara langsung. Ketika panci atau penggorengan di letakan di atasnya, maka mereka akan menerima panas dan makanan akan mulai memasak.
Kompor induksi menggunakan radiasi elektromagnetik untuk memanaskan alat masak secara langsung. Ketika panci atau penggorengan di letakan di atasnya, maka mereka akan menerima panas dan makanan akan mulai memasak.

Kompor listrik

Kompor listrik memberikan panas melalui gulungan logam yang berada di bawah permukaan kaca atau keramik. Gulungan ini akan menjadi panas dan mulai menyala karena adanya aliran listrik.

Panas kemudian akan ditransfer melalui kaca menggunakan energi inframerah. Tinggal menunggu beberapa waktu, panas akan mulai tersalurkan ke alat masak yang pada akhirnya mematangkan masakan.

Sayangnya ketika dimatikan, permukaan kompor listrik masih akan terasa panas, jadi harus menunggu beberapa saat sebelum kompor kembali dingin. Ini menjadi salah satu kelemahan kompor listrik.

Tapi dibalik kelemahan tersebut, kompor listrik saat ini memiliki banyak varian model, mengingat eksistensinya sudah berlangsung selama beberapa dekade. Kompor listrik juga dibandrol dengan harga yang lebih murah dibanding kompor induksi.

Nah itulah perbedaan kompor induksi dengan kompor listrik. Bagaimana, lebih tertarik membeli kompor induksi atau listrik? Sebagai tips, jika memprioritaskan efisiensi energi, kompor induksi adalah pilihannya.

Namun ketika menginginkan alat masak yang modern drngan harga yang lebih murah, kompor listrik adalah pilihan terbaik. Tapi apapun itu, yang terpenting adalah jangan sampai mengabaikan faktor kebutuhan dan budget.(hab)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles