Rabu, Mei 22, 2024
spot_img

Pemerintah Kucurkan Rp 7,5 T Dana BLT El Nino

“Kita berikan Rp 200 ribu, Rp 200 ribu untuk menambah daya beli mereka sehingga Kementerian Sosial, Bu Risma dalam hal ini diharapkan bisa mengeksekusi bantuan langsung tunai untuk 18,8 juta KPM,”

JAKARTA | RMN Indonesia

Pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 7,52 triliun untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak El Nino. Bantuan melalui Kementerian Sosial tersebut akan dimulai November -Desember 2023.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, alokasi dana Rp 7,52 triliun diberikan kepada Kementerian Sosial (Kemensos) untuk melaksanakan bantuan langsung tunai (BLT) guna meringankan masyarakat menghadapi dampak El Nino.
Bantuan Langsung Tunai El Nino itu akan diberikan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) penerima sembako. Besaran bantuan diberikan senilai Rp 200 ribu/orang selama dua bulan.

“18,8 juta ini adalah kelompok penerima yang nama, alamat dan nomor account ada di Kementerian Sosial sehingga kita tidak mencari lagi siapa targetnya. Mereka akan mendapatkan Rp 200 ribu/bulan untuk November dan Desember,” tutur Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTA, dikutip detikcom, Rabu (25/10/2023).

Lebih lanjut Sri Mulyani menjelaskan, BLT El Nino merupakan paket kebijakan ekonomi yang disiapkan pemerintah. Hal ini dilakukan guna menjaga daya beli masyarakat. Sehingga kegiatan perekonomian masyarakat domestik menjelang akhir tahun tetap berada di kisaran 5,1% .

“Kita berikan Rp 200 ribu, Rp 200 ribu untuk menambah daya beli mereka sehingga Kementerian Sosial, Bu Risma dalam hal ini diharapkan bisa mengeksekusi bantuan langsung tunai untuk 18,8 juta KPM,” tuturnya.

Sri Mulyani memastikan APBN akan terus menjaga masyarakat dan perekonomian dari ketidakpastian dan guncangan global.

“Kita semua tahu dengan harga komoditas yang melonjak menyebabkan tekanan inflasi tinggi, diikuti dengan suku bunga yang menanjak tinggi sangat drastis dan output dari perekonomian global terutama negara-negara maju yang melemah menimbulkan dampak yang sangat terasa dalam perekonomian dan masyarakat kita,” tambahnya. (jr/you)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles