Selasa, Juli 23, 2024
spot_img

Sehat & Pendapatan 15 Juta/Bulan

Syarat Indonesia Sebagai Negara Maju

“Sekarang Indonesia rata-ratanya mungkin Rp 5,5 juta/bulan. Jadi kalau kita mau jadi negara maju, kita harus bisa menaikkan dari Rp 5,5 juta ke Rp 15 juta/bulan,”

JAKARTA | RMN Indonesia

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyatakan sehat dan pintar merupakan poin utama menuju Indoensia Emas 2045. Tanpa itu, mustahil Indonesia bisa menjadi negara maju.

Sebelumnya, Budi mengutarakan bahwa syarat menjadi negara maju adalah pendapatan perkapita harus US$ 13.000/tahun atau berdasarkan hitungan mencapai Rp 15,5 juta/bulan. Saat ini rata-rata perkapita Rp 5,5 juta/bulan.

“Sekarang Indonesia rata-ratanya mungkin Rp 5,5 juta/bulan. Jadi kalau kita mau jadi negara maju, kita harus bisa menaikkan dari Rp 5,5 juta ke Rp 15 juta/bulan,” ujar Budi Gunadi dalam acara Kompas100 CEO Forum ke-14, dikutip detikcom, Rabu (1/11).

Selain ukuran pendapatan, Indonesia harus memanfaatkan momentum bonus demografi yang puncaknya diprediksi terjadi pada 2030. Hal itu menjadi kesempatan untuk meningkatkan pendapatan per kapita karena banyak jumlah usia produktif yang menghasilkan pendapatan.

Namun, bila momentum itu terlewat, maka cita-cita Indonesia negara maju tidak akan tercapai di 2045. “Kalau bangsa Indonesia lewat nih 2025-2035, our change to become high income country, will become smaller and smaller,” ujarnya.

“Dosa kita sebagai pemegang putusan karena dalam masa-masa ini kita tidak mempersiapkan dan tidak bisa mendorong negara kita menembus level high income country dan kita forever ada di middle income level, yang orang ekonomi suka bilang middle income trap,” tambahnya. Bagaimana mendapatkan pendapatan meningkat dari Rp 5,5 juta/bulan menjadi Rp 15 juta/bulan, menurut Budi, harus sehat dulu.  “Kalau pendapatan Rp 15 juta kan harus jadi dirut-dirut kayak gini, kalau stunting, IQ-nya kurang, kan nggak mungkin jadi dirut, pasti gajinya Rp 5 juta, Rp 4 juta, Rp 3 juta, nggak mungkin bisa ngangkat ke rata-rata Rp 15 juta. Itu sebabnya kenapa manusia Indonesia dari sekarang sampai 2030 harus sehat dan pintar,” tambahnya. (jr/you)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles