Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Fadel Muhammad Berharap Kepala Daerah Netral di Pemilu 2024

JAKARTA | RMN Indonesia

Jelang Pemilu 2024, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad berharap para kepala daerah di Indonesia, dapat bersikap netral.

“Mudah-mudahan pemerintah (pusat dan daerah) bisa netral. Dan pada saat pemilihan nanti, 14 Februari 2024, semua bisa berjalan lancar, aman, dan damai,” katanya di Jakarta, kemarin.

Hal itu disampaikan Fadel saat bertemu penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Gita Ariadi di Mataram, NTB.

Pertemuan itu membicarakan agenda berkaitan dengan pengawasan DPD, tentang persiapan Pemilu, pemilihan legislatif dan pemilihan kepala daerah di NTB.

“Kepada Pj Gubernur NTB, kami menyampaikan pesan agar netral dalam Pemilu dan Pilpres,” ujarnya.

Menurut Fadel yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) para penjabat kepala daerah termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Sehingga ditekankan tidak boleh terlibat dalam cawe-cawe pemilihan apapun, dan juga memperlakukan semua peserta Pemilu dalam kedudukan yang sama.

Selain itu, Pemilu diharapkan juga berlangsung dengan langsung, umum, bebas, dan rahasia. Fadel tidak menginginkan terulangnya suasana Pemilu tahun 2019 yang diwarnai dengan polarisasi tajam di masyarakat. Saat Pemilu 2019 terjadi ketegangan dan friksi di masyarakat juga di media sosial.

“Makanya, sebagai Wakil Ketua MPR, kami sudah bicara dengan presiden. Presiden sudah menyatakan sikap netral. Begitu juga dengan aparat kepolisian, TNI, dan lain-lain,” jelasnya.

Sementara itu Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi mengungkapkan pihaknya telah siap untuk melaksanakan Pemilu 2024. Persiapan itu terkait dengan penyiapan anggaran Pemilu dan Pilkada serta menciptakan suasana masyarakat yang kondusif.

“Dalam pelaksanaan Pemilu, Pilpres pada 14 Februari 2024 maupun Pilkada gubernur, bupati, dan walikota, kami bersama penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu) sudah berkomitmen dan menandatangani naskah pemberian hibah daerah,” jelasnya.(jr/hmi)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles