Selasa, Juli 23, 2024
spot_img

Al Muktabar: Kolaborasikan Koperasi dalam Pengendalian Inflasi

JAKARTA | RMN Indonesia

Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar kolaborasikan Koperasi dalam pengendalian inflasi di Provinsi Banten. Hal tersebut disampaikan Al Muktabar saat meninjau stand UMKM yang digelar pada HUT Ke-76 Koperasi Tingkat Provinsi Banten dan Rangkaian HUT Ke-23 Provinsi Banten di halaman Masjid Raya Al Bantani, KP3B, Kota Serang, Jumat (3/11/2023). Sebelumnya, ditempat yang sama, Al Muktabar melaksanakan senam bersama pegawai di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten.

Pada kesempatan ini Al Muktabar menyampaikan, Koperasi merupakan soko guru perekonomian di Indonesia yang selalu memberikan dukungan pada pertumbuhan dan perekonomian nasional. Dengan filosofi kerja sama, kolaborasi bersama Koperasi juga dibutuhkan dalam pengendalian inflasi.

“Dan ini adalah bagian dari pengendalian inflasi yang bisa kita terapkan pada kegiatan Hari Koperasi. Dimana kita sama-sama memantau harga, stok pangan yang tersedia di sini,” ungkapnya.

Al Mukabar menyampaikan, peringatan HUT Ke-76 Koperasi ini dikemas dengan kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat. Sehingga ia berharap, mampu memberikan dampak langsung kepada masyarakat.

“Dan ini juga merupakan rangkaian reformasi birokrasi kita, dengan rangkaian panjang bersama masyarakat tentu harapan juga terus meningkat dan ini bukti hadir pemerintah di tengah masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, Al Muktabar mengatakan dalam rangkaian ini juga terdapat UMKM yang mendukung kegiatan ekonomi. Dimana pada kesempatan ini, terdapat berbagai macam olahan makanan yang menarik untuk disajikan kepada anak-anak dalam memenuhi nutrisi.

“Di sini juga hadir kreasi ibu-ibu yang menyiapkan model makanan yang bernutrisi baik, bervitamin, dan tentunya berbahan baku lokal dengan tampilan menarik,” ungkapnya.

Al Muktabar menambahkan dengan harga pangan terjangkau pada UMKM yang hadir. Mampu memberikan kemudahan bagi para orang tua untuk memberikan makanan sehat lima sempurna yang mampu mengatasi gejala stunting.

“Kita tahu bahwa stoknya aman, harga aman, maka masyarakat bahkan keluarga pun bisa dengan mudah memberikan makanan yang sehat bagi anak sehingga angka stunting itu bisa kita sama-sama tekan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten Agus Mintono menyampaikan di hari kedua rangkaian HUT Ke-76 Koperasi Tingkat Provinsi Banten dan rangkaian HUT Ke-23 Provinsi Banten masyarakat masih antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

“Kegiatan ini sengaja dibuat dua hari dengan asumsi supaya masyarakat bisa menikmati dan ikut memeriahkan rangkaian kegiatan ini. Dan kita juga memberikan kesempatan kepada UMKM serta Koperasi untuk terus eksis di tengah masyarakat,” jelas Agus.

Agus menuturkan Koperasi turut berkontribusi dalam berkolaborasi mengendalikan inflasi juga terus dilakukan. Dimana, pihaknya akan terus mengoptimalkan pengawasan kepada Koperasi-Koperasi di Provinsi Banten.

“Kita senantiasa membina dan menumbuhkan Koperasi-Koperasi baru. Kita ada pembentukan badan hukum Koperasi dan pembinaan baik produksi maupun pemasaran yang nantinya bisa berdampak pada kondisi masyarakat secara langsung,” pungkasnya. (hmi/you)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles