Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

90% Pengadaan Barang Jasa dari Produk Lokal

JAKARTA | RMN Indonesia

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) mencatat pengadaan barang dan jasa (PBJ) untuk produk dalam negeri mengalami peningkatan. Transaksi produk dalam negeri (PDN) mencapai 90%. Capaian ini mencerminkan komitmenpemerintah dalam mendukung ekonomi dalam negeri. 

Kepala LKPP Hendrar Prihadi mengatakan, pemerintah berupaya memprioritaskan produk dalam negeri dalam pengadaan barang/jasa untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan industri nasional.

Dengan menggunakan produk dalam negeri, lanjut Hendrar,  memberikan dampak pada penciptaan lapangan pekerjaan, mendorong inovasi, dan meningkatkan daya saing industri nasional.

“Kolaborasi adalah kunci dalam mendorong perbaikan dalam proses PBJ. Saat ini, kinerja PBJ secara nasional mencapai pencapaian yang positif yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Kami berterima kasih atas semua upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas PBJ,” ujarnya, dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan 2023 di Bidakara Hotel, Jakarta, Selasa (7/11)

Ia mengemukakan pencapaian 90% dalam pengadaan yang melibatkan produk dalam negeri adalah langkah signifikan dalam mendukung ekonomi dan industri domestik. Ke depan, kebijakan ini akan terus menjadi salah satu pendorong utama bagi sektor industri dalam negeri. Selain mendukung pertumbuhan ekonomi, pemerintah juga akan terus mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Koperasi (UMKK) untuk berpartisipasi aktif dalam pengadaan pemerintah. Hal ini diharapkan akan memperkuat sektor UMKM dan meningkatkan daya saingnya di pasar. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles