Selasa, Juli 23, 2024
spot_img

Amerika Gelontorkan Ratusan Miliar untuk Keamanan Laut Indonesia

JAKARTA | RMN Indonesia

Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden di Gedung Putih, Washington. Amerika siap menggelontorkan senilai ratusan miliar untuk menjaga keamanan di laut Indonesia.

Dalam keterangan resmi White House, Selasa (14/11/2023), ada sejumlah kerjasama yang dilakukan Presiden Amerika, Joe Biden dengan Indonesia.

“Amerika Serikat dan Indonesia dipersatukan oleh komitmen bersama terhadap sentralitas ASEAN dan prinsip-prinsip umum dalam Pandangan ASEAN mengenai Indo-Pasifik dan Strategi Indo-Pasifik AS,” tulis keterangan yang dikutip langsung dari website whitehouse.gov.

Komitmen pertama terkait keamanan maritim di Indonesia. Amerika Serikat dan Indonesia akan memobilisasi lebih dari US$ 5 juta atau sekitar Rp 78,5 miliar (kurs Rp 15.700) bantuan untuk meningkatkan kesadaran domain maritim dan penegakan hukum di laut Indonesia.

Jumlah itu ditambah sebesar US$ 3 juta atau sekitar Rp 47,1 miliar yang digunakan untuk peluncuran Pusat Pelatihan Maritim di Batam. Totalnya, komitmen pendanaan US$ 8 juta atau sekitar Rp 125,6 miliar untuk memperkuat keamanan laut Indonesia.

Selain itu, Amerika Serikat juga melakukan kerjasama terkait keamanan siber.  Kerjasama itu terlaksana melalui penandatanganan MoU yang berfokus melawan ancaman dari aktor-aktor negara dan non-negara, sekaligus menciptakan lingkungan yang kondusif bagi teknologi, dan sektor keuangan di Indonesia.

Kesepakatan penandatangan bersama lainnya juga dilakukan pada kerjasama dalam profesionalisasi pertahanan, kedokteran militer, teknologi ruang angkasa, latihan gabungan, pemulihan tawanan perang/hilang dalam tugas, dan melawan ancaman kimia, biologi, radiologi, serta nuklir.

Pertemuan Jokowi dan Biden juga membuahkan peningkatan kerja sama kontra terorisme dengan tujuan untuk meningkatkan pertukaran informasi mengenai ancaman teroris. (Ant/jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles