Rabu, Mei 22, 2024
spot_img

2 Pesawat Tucano Jatuh di Lereng Gunung Bromo

JAKARTA | RMN Indonesia

TNI Angkatan Udara berduka. Dua dari empat pesawat EMB-314 Super Tucano milik Skadron Udara 21 mengalami kecelakaan di lereng Gunung Bromo, tepatnya di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Kamis (16/11/2023) siang.

Kedua pesawat pesawat itu memiliki nomor ekor TT-3111 dengan penumpang Letkol Pnb Sandhra Gunawan sebagai Frontseater dan Kolonel Adm Widiono bertindak sebagai Backseater.

Sementara pesawat kedua nomor ekor TT-3103 dengan dua penumpang Mayor Pnb Yuda A. Seta selaku Frontseater dan Kolonel Pnb Subhan sebagai Backseater.

Kadispenau, Marsekal Pertama TNI Agung Sasongko Jati mengatakan, kedua pesawat tempur itu take off dari Lanud Abdurrachman Saleh pukul 10.51 WIB bersama dua pesawat lainnya.

Berarti ada empat pesawat yang melakukan penerbangan untuk misi latihan Profisiensi Formation Flight rute ABD – Area – ABD (Alpha, Bravo, Charlie, Delta, Med-Low).

“Kemudian pada pukul 11.18 WIB lost contact saat menerjang awan,” ungkapnya dalam konferensi pers di Gedung Cakrawala Lanud Abdulrachman Saleh, Kamis (16/11).

Lebih lanjut Agung menjelaskan penyebab kecelakaan itu disimpulkan akibat faktor cuaca buruk, usai menerjang awan. “Saat menerjang awan, kedua pesawat bisa melalui awan. Namun kedua pesawat lain hilang kontak. Saat dicari dan dikontak sudah tidak ada balasan lagi,” ujarnya.

Tak lama setelah dua pesawat lainya landing di Abdulrachman Saleh, muncul kabar dari warga ditemukannya dua pesawat jatuh di kawasan lereng gunung bromo.  “Kedua pesawat ditemukan terpisah. Namun sama-sama berada di sisi utara pegunungan,” pungkasnya.

Informasi yang berhasil ddihimpun menyebutkan bahwa jenazah tiga personnel TNI yang gugur dalam peristiwa itu telah ditemukan.

“Saat ini dua jenazah sudah ditemukan, yaitu almarhum Mayor (Pnb) Yuda A Seta dan Kolonel (Pnb) Subhan,” ucap Agung.

Dua jenazah itu sudah dalam proses evakuasi ke Malang. Jenazah Kolonel Widiono juga sudah ditemukan, sementara Letkol Sandhra masih dalam pencarian. “Korban yang saat ini ketemu tiga jenazah, yang satu dalam pencarian,” tambahnya. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles