Rabu, Mei 22, 2024
spot_img

Kawasan Ibu Kota Negara Dipenuhi Lumpur

JAKARTA | RMN Indonesia

Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dipenuhi lumpur. Itu diakibatkan dari hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut, Rabu (15/11/2023) malam.

Di kutip dari MNC Portal, di sepanjang akses jalan utama di kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara dipenuhi  lumpur. Lumpur berasal dari sisa galian tanah dan sejumlah bukit yang sempat diratakan melalui alat berat.

Meski begitu pengerjaan proyek pembangunan ibu kota negara masih terus berjalan. Tapi, lebih diperhatikan keselamatan para pekerja fisik di lokasi.

Projek Manajer Pembangunan Kantor Kemenko, Annas Maghfuri mengaku, cuaca kerap menjadi kendala bagi para pekerja proyek di lapangan, lantaran sudah masuk musim penghujan. Namun begitu, perkara itu masih bisa diatasi.

“Untuk kendala di lapangan mungkin di bulan ini lebih ke cuaca  ya karena saat ini cuaca sering ujan dan padat paket pekerjaannya di IKN ini antara paket satu dan lainnya. Ini semua kerja bareng jadi lebih banyaknya terkait terjadi kles-kles terkait dengan area, ujan dan jalan becek, seperti itu,” bebernya.

Menurut Annas, hujan deras yang meninggalkan banyak lumpur bukan persoalan besar karena masih bisa ditangani. Sehingga konstruksi bangunan dan sejumlah infrastruktur pendukung Kawasan Inti Pusat Pemerintahan akan tetap berjalan.

Ia menambahkan, seluruh kegiatan masih terjaga sesuai jadwal pelaksanaan (on schedule).“Tapi itu tidak menjadi kendala yang signifikan ya karena kita berusaha melakukan inovasi-inovasi supaya pekerjaan terus juga,” papar dia.

Di ketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan infrastruktur dasar IKN Nusantara tahap 1, termasuk bangunan kantor pemerintahan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan, selesai pada 2024 mendatang.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga mengatakan, hingga saat ini progres konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 telah mencapai 38,1 persen hingga Agustus 2023.

“Konstruksi infrastruktur dasar IKN tahap 1 ini yang kontrak pekerjaannya telah dimulai sejak tahun 2021 seperti pembangunan Jalan Tol Akses IKN tahap 1, Bendungan Sepaku Semoi, Istana Negara dan Kantor Presiden,” tambahnya. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles