Rabu, Mei 22, 2024
spot_img

Presiden Jokowi Ingin Rayakan HUT Kemerdekan RI di IKN

JAKARTA | RMN Indonesia

Presiden Joko Widodo merencanakan HUT Kemerdekaan RI akan dirayakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pada 17 Agustus 2024. Pemerintah ingin menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia memiliki ibu kota baru.

Menurut Jokowi, IKN Nusantara akan selesai menjadi kota yang seutuhnya 15-20 tahun mendatang.

“Tahun depan Indonesia berencana rayakan hari kemerdekaannya di Nusantara untuk menunjukkan bahwa kita memiliki ibu kota baru. Meskipun selesainya ibu kota ini baru 15-20 tahun yang akan datang,” kata Jokowi saat memberikan kuliah umum di Stanford University, Amerika Serikat, ditulis Kamis (16/11/2023).

IKN Nusantara, lanjut Jokowi, akan menjadi ibu kota negara Indonesia yang mengusung konsep kota pintar berbasis hutan. Ibukota baru yang berada di Kalimantan Timur, nantinya memiliki sumbr daya energo yang ramah lingkungan.

“Nanti 70% area hijau, area hutan. Lalu, kita akan gunakan juga energi hijau, berupa matahari dan hydro. Dan supaya semua tahu, yang pertama kali kita bangun adalah nursery center atau botanical Center yang kapasitasnya 15 juta bibit pohon per tahun. Kita tanam tiap tahun di IKN Nusantara dan Pulau Kalimantan, ini lah showcase transformasi Indonesia,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi sempat melempat ‘undangan’ kepada peserta kuliah umum yang hadir untuk mendatangi langsung IKN Nusantara. Para mahasiswa nantinya bisa melakukan study tour dan mendalami soal visi keberlanjutan Indonesia yang dibangun dalam sebuah ibu kota baru yang berkonsep green forest city.

“Saya kira mungkin akan menjadi ide yang sangat baik, sangat seru, jika mahasiswa Stanford melakukan study tour ke Nusantara untuk melihat lebih dekat proses dan progresnya. Bisa riset secara kilat dan belajar visi keberlanjutan dalam membangun sebuah green city,” tambahnya. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles