Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

Kewirausahaan harus Ditekuni Para Mahasiswa sejak Dini

JAKARTA | RMNIndonesia

Untuk memupuk kemandirian dan meningkatkan keterampilan dalam proses membentuk generasi penerus yang berdaya saing dan mampu menjawab tantangan di masa depan, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan kewirausahaan harus ditekuni oleh para mahasiswa sejak dini.

“Kewirausahaan itu membuka peluang dan potensi yang luar biasa, sehingga para mahasiswa yang merupakan generasi penerus bangsa harus mempersiapkan diri sejak dini,” kata Rerie, sapaan akrab Lestari, dalam workshop “Menumbuhkan Minat Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa” di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Wahid Hasyim, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (25/11/2023).

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu, Rerie mengatakan sejatinya kewirausahaan itu tidak hanya bisa tumbuh karena ada bakat, tetapi juga keahlian yang bisa dipelajari dan diasah untuk ditingkatkan melalui berbagai pelatihan.

Oleh karena itu, Rerie mendorong agar para mahasiswa terus meningkatkan keterampilan kewirausahaannya sejak dini, sehingga banyak mendapat pengalaman dan menjadi pengusaha berkualitas di masa datang.

“Qualified adalah tahu apa yang dia tahu, dia tahu apa yang dia tidak tahu. Sehingga, bila tidak tahu, maka yang bersangkutan bisa meminta bantuan dari orang-orang yang tahu,” jelas Rerie dalam workshop yang digelar Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Diktiristek, Kemendikbudristek.

Dalam proses menjalani aktivitas kewirausahaan, menurut Rerie, harus disadari bahwa masyarakat dipengaruhi oleh aspek sosial, ekonomi, dan budaya. Keseluruhan aspek itu berpengaruh pada intensi, sikap, dan niat dalam menumbuhkan semangat berwirausaha.(JR)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles