Rabu, Mei 22, 2024
spot_img

Nilai Kontrak Perusahaan Lokal Rp 20,2 Triliun

JAKARTA | RMNIndonesia

SKK Migas menyebut nilai kontrak antar perusahaan dalam negeri yang diteken dalam Kapasitas Nasional (Kapnas)III 2023 mencapai Rp20,2 triliun.

“Ini menunjukkan kontribusi signifikan industri hulu migas sebagai pendorong roda perekonomian nasional,” ujar Vice President SKK Migas sekaligus Ketua Panitia Forum Kapasitas Nasional, Erwin Suryadi, dikutip detikcom, Minggu (26/11/2023).

Sejak kali pertama diselenggarakan, Forum Kapnas dirancang untuk memperkuat kapabilitas industri hulu migas dalam negeri. Upaya ini melibatkan perusahaan operator, pabrikan, penyedia barang dan jasa (vendor), UMKM, serta industri kreatif sebagai pendukungnya.

“Dalam tahun ketiga ini, pengembangan kapasitas diperluas dengan melibatkan lebih banyak pihak, seperti akademisi, pemerintah daerah, lembaga pendidikan vokasi, dan lembaga sertifikasi,” papar Erwin.

Untuk tenaga kerja, penggunaan tenaga kerja asing dalam industri ini terus menurun dalam tiga tahun terakhit. Hal ini menandakan peningkatan kapasitas para pekerja di hulu migas dari tahun ke tahun.

Pada sesi FGD hari kedua Forum Kapnas terungkap bahwa komitmen untuk mengurangi ketergantungan TKA semakin kuat. Amri Siahaan, Senior VP Business Support Medco E&P Indonesia mengatakan, dari sekitar 2000-an staf dan pekerja Medco saat ini, jumlah pekerja asingnya tidak lebih dari 3 orang.

“Bahkan, di sejumlah proyek Medco di luar negeri, seperti Thailand, kami bisa mempekerjakan staf WNI hampir 100 persen. Kalaupun ada pekerja luar, biasanya bersifat tentatif,” ungkapnya.

Direktur Utama PT Citra Turbindo Tbk (PTCT) Fajar Wahyudi mengungkapkan, pada tataran teknis, sudah sangat banyak pekerja dalam negeri yang mumpuni. Bahkan mereka sangat bisa bersaing di luar negeri. Namun di sisi lain, keterampilan manajerial dan soft skill pekerja dalam negeri harus terus ditingkatkan.”Ini proses yang tidak mudah, tapi harus terus dilakukan,” ujarnya. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles