Selasa, Juli 23, 2024
spot_img

KPU Ajak Warga Bahas Debat Pilpres

JAKARTA | RMNIndonesia

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengajak tim pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) dan warga membahas debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Rabu (29/11/2023) besok.

Itu disampaikan ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari dalam konferensi pers di Media Center KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2023) malam.

“Rencananya kami mengundang rapat sejumlah pihak secara maraton. Pagi hari akan mengundang sejumlah orang yang kami anggap paham dan tahu tentang mekanisme debat capres-cawapres,” kata Haysim.

Ia menjelaskan, mereka yang akan diajak untuk membahas mekanisme debat, diantaranya akademisi, jurnalis atau media hingga dari masyarakat sipil. Fokus pembahasan menyasar topik-topik besar yang akan dijadikan bahan untuk kampanye metode debat sesuai yang telah diatur di dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Metode debatnya seperti apa dan durasinya yang tepat seperti apa dan pada sore hari kami akan mengundang tim paslon membahas kampanye metode debat tersebut,” tutur Hasyim.

Lebih lanjut, KPU akan berdiskusi untuk mengambil kesepakatan terkait metode dan usulan soal sosok panelis debat capres-cawapres jelang Pilpres 2024.

“Sehingga saat ketika nanti menyusun rangkaian pertanyaan, atau merumuskan problematika untuk dijadikan bahan untuk debat akan terkonfirmasi dengan baik,” ujar Hasyim.

Sebelumnya, Anggota KPU RI Mochammad Afifuddin mengatakan tema debat Pilpres 2024 tidak berbeda jauh dengan apa yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan undang-undang (UU).

“Yang pasti, temanya tidak berubah, tidak berbeda jauh dengan yang ada dalam RPJMN dan juga yang ada di undang-undang itu; tema-tema seputar demokrasi, penegakan hukum, dan seterusnya,” tutur Afifuddin di GOR Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu (25/11).

Saat ini, KPU sedang menyelesaikan pembahasan tema dan hari pelaksanaan debat pilpres. Setelah itu, kata Afifuddin, KPU RI akan mengomunikasikan hasilnya termasuk lokasi debat dengan pihak-pihak terkait.

Pilpres 2024 diikuti oleh tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

KPU telah menetapkan masa kampanye mulai Selasa hari ini hingga 10 Februari 2024. Sementara, pemungutan suara pada 14 Februari 2024. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles