Selasa, Juli 23, 2024
spot_img

PT KCIC Berencana Bangun Stasiun KCJB di Kopo

JAKARTA | RMNIndonesia

Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) berencana memiliki stasiun baru di kawasan Kopo, Bandung. Itu terkuak usai PT KCJB melakukan diskusi dengan kantor staf kepresidenan (KSP).

Direktur Utama PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi menerangkan usulan pengembangan stasiun kereta api cepat di daerah Kopo saat ini dalam pertimbangan. Meski begitu rencana itu belum dilaksanakan terkait keterbatasan pendanaan serta izin penggunaan lahan di daerah tersebut.

Ia menyebut, ada sekitar 30 hektar lahan yng mungkin bisa dikembangkan untuk membangun stasiun baru kereta cepat. “Terdapat lahan sekitar 30 hektar di Kopo dan itu memungkinkan (dibangun stasiun), tetapi KCIC belum ada dana untuk itu,” ujar Dwiyana dalam keterangan pers yang dirilis KSP, Kamis (30/11/2023).

Sementara itu, Plt Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pertambangan dan Investasi Rifky Setiawan yang turut dalam diskusi tersebut menyebutkan, adanya kajuan lebih mendalam terkai tpembangunan stasiun KCJB di Kopo.

Rifky menyebutm saat ini pendanaan masih difokuskan pada 4 stasiun yang sudah beroperasi yakni Halim, Karawang, Padalarang dan Tegalluar. “Kalau nanti dibutuhkan 1 stasiun lagi, kami akan menyoroti dari sisi pendanaan,” ungkap Rifky.

Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko menerangkan opsi stasiun baru kereta cepat harus dikaji lebih dalam oleh KCIC. Intinya dia mengingatkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung harus benar-benar bisa berhenti di Kota Bandung.

“Pilihan ini silakan ditangkap, tentunya wewenang ini ada di KCIC. Karena ini kereta cepat Jakarta-Bandung ya harusnya berhenti benar-benar di Bandung,” ujar Moeldoko dalam keterangannya, Kamis (30/11/2023). (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles