Selasa, Juli 23, 2024
spot_img

Bawaslu Diibaratkan Mobil Mogok

JAKARTA | RMNIndonesia

Anggota Bawaslu RI periode 2008-2012, Wahidah Suaib, mengibaratkan para komisioner Bawaslu periode saat ini ibarat mobil mogok. Padahal, mereka memiliki kewenangan cukup besar dalam melakukan penindakan terhadap pelanggaran Pemilu.

“Sebenarnya bisa jalan, tapi kok mogok gitu. Kadang harus didorong, dipanas-panasin baru kemudian jalan dan ini bukan asal omongan saya,” tutur Wahidah, dalam diskusi bertajuk ‘Mau Dibawa Kemana’ , dikutip,  Minggu (3/12/2023).

Wahidah pun mencontohkan kasus yang menunjukkan buruknya kinerja Bawaslu. Pertama, kasus verifikasi parpol. Pemantau pemilu dalam hal ini masyarakat sipil, menemukan begitu banyak kasus yang tidak memenuhi syarat (TMS), tetapi di MS-kan.

“Tapi tidak satupun pengawas pemilu di seluruh Indonesia yang menemukan kasus itu. Apakah tidak menemukan atau ada pola terstruktur dari atas yang meminta mereka tidak menemukan,” ujarnya.

Kinerja buruk lainnya terkait laporan masyarakat sipil terhadap dugaan pelanggaran administrasi KPU, yaitu menetapkan DCT di 267 dapil yang tidak memuat keterwakilan 30 persen perempuan. Wahidah menyebut tentu ia tak akan melapor, jika seandainya Bawaslu bekerja.

“Kalau Bawaslu bekerja mereka kan punya data diverifikasi itu. Apakah tidak menemukan? Masa tidak menemukan? Nah kalau menemukan kenapa tidak dijadikan temuan pelanggaran,” jelasnya.

Lebih parah lagi dalam kasus APDESI yang mendukung salah satu paslon. Bawaslu juga, menurutnya saat membuat pernyataan, seakan tidak memiliki semangat dalam menegakkan aturan. “Janganlah komisioner itu atau siapapun unsur-unsur bawaslu, baru hari pertama ke kedua hari pelanggaran sudah statement dini. Tidak ada ajakan memilih paslon. Wong Bawaslu setempat baru melakukan penelurusan, kok bisa Ketua Bawaslu RI (menyimpulkan) terlalu dini,” tambahnya. (jr)

Artikulli paraprak
Artikulli tjetër

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles