Selasa, Juli 23, 2024
spot_img

Mudik Gratis, Yuk Buruan Daftar di Kemenhub

JAKARTA | RMNIndonesia

Kementerian Perhubungan RI mengadakan program mudik gratis. Layanan ini dengan tujuan berbagai daerah dengan sasaran utama penggunaan sepeda motor.

Pendaftaran mudik gratis sendiri dilakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat mulai 5 Desemberhingga 20 Desember 2023. Kemenhub menyediakan kuota 90 unit Bus AKAP dan Pariwisata dengan total 3.600 penumpang. Untuk pengirim kendaraan sepeda motor disiapkan untuk 120 unit dengan moda empat truk.

Layanan mudik gratis digelar berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub (Baketrans) prediksi masyarakat yang akan bepergian mencapai 107,63 juta atau 39,83% dari total populasi nasional. Dari jumlah tersebut mayoritas akan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor.

Dalam rapat rencana operasi Mudik Gratis Nataru, Direktur Angkutan Jalan Suharto mengatakan, hasil survei tersebut diperoleh angka bahwa 35,57% atau 39,97 juta pergerakan masyarakat akan menggunakan mobil dan 17,92% atau 20,14 juta mengendarai sepeda motor.

“Untuk itu sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, kami akan menyelenggarakan Mudik Gratis di libur Nataru ini,” ujar Suharto, Selasa (5/12/2023).

Masyarakat yang berminat dengan layanan ini diminta untuk segera mendaftarkan diri dengan mengunduh aplikasi Mitra Darat di Play Store atau App Store. Selanjutnya melakukan pendaftaran sesuai langkah-langkah yang diarahkan dari aplikasi Mitra Darat.

“Masyarakat yang telah melakukan pendaftaran online agar melakukan verifikasi di kantor pusat Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M untuk wilayah Jakarta, serta Terminal Pondok Cabe untuk wilayah Tangerang Selatan,” tutur Suharto.

Sementara itu, untuk keberangkatan sepeda motor dengan truk rencananya dilakukan pada Jumat, 22 Desember dari Terminal Tipe A Pondok Cabe dan pelepasan Mudik Gratis bagi penumpang pada Sabtu, 23 Desember 2023 dari Terminal Kampung Rambutan DKI Jakarta dan Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Kota Tujuan Mudik Gratis

Adapun kota tujuan dengan masing-masing unit berkapasitas 40 orang, yang disiapkan adalah:

1. Jakarta-Solo

2. Jakarta-Yogyakarta

3. Jakarta-Surabaya

4. Jakarta-Wonosobo

5. Jakarta-Semarang

6. Jakarta-Wonogiri

7. Jakarta-Cilacap

8. Jakarta-Purwokerto

9. Jakarta-Malang

10. Jakarta-Kediri

11. Jakarta-Madiun

(jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles