Selasa, Juli 23, 2024
spot_img

Pengiriman Paket Pakai Drone di IKN

KALTIM | RMNIndonesia

Pengiriman paket atau barang di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur bakal menggunakan drone dalam rangka penerapan sistem logistik pintar.

“Kalau sekarang mungkin di kota-kota marketplace, ecommerce, atau pedagang daring menggunakan kurir motor dalam mengantarkan barang atau pesanan kepada konsumen, namun nantinya di IKN dengan drone yang mengantarkan kiriman kepada kita,” ujar Direktur Transformasi Hijau Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Agus Gunawan, dikutip, Rabu (6/12).

Ia menyebut bahwa penggunaan drone dalam mengantarkan paket kepada masyarakat menjadi bagian dari penerapan sistem logistik pintar di IKN. Selain drone,penerapan teknologi pengiriman juga dapat berupa smart label, Sistem Internet of Things dalam logistik, AI (Artificial Intelligence) enhanced supply chain analytics, serta teknologi sistem tracking logistik (logistic tracking system).

Berdasarkan Peraturan Presiden No. 63/2022 tentang Perincian Rencana Induk Ibu Kota Nusantara, IKN dapat membantu penerapan strategi logistik atau pengangkutan yang inovatif.

Salah satunya menggalakkan solusi logistik yang ramah lingkungan dan mengadopsi teknologi baru yang mendukung inovasi pengiriman jarak jauh seperti drone, dan automatic vehicle (AV).

IKN juga menerapkan konsep strategi pengiriman barang/logistik bertujuan untuk menciptakan sistem logistik yang efisien dan berdampak minim terhadap lalu lintas kota serta meningkatkan keselamatan dari aspek transportasi.

Hal ini sejalan dengan strategi logistik masa depan dalam rangka mengelola pergerakan kargo dan barang di seluruh wilayah IKN dengan cara-cara yang mengurangi konflik dengan transportasi penumpang, meningkatkan pemanfaatan ruang, dan menghasilkan keuntungan komersial. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles