Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

Kementerian PUPR Pastikan Infrastruktur pada Nataru

JAKARTA | RMNIndonesia

Pemerintah memastikan kesiapan sarana infrastruktur jelang libur Natal dan Tahun Baru 2024. Ini diupayakan agar mendukung kelancaran berlalu lintas saat libur Nataru.

Dalam rapat koordinasi kesiapan menjelang Natal dan Tahun Baru 2024, pada 7 Desember lalu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan saat ini panjang jaringan jalan nasional di Indonesia sejumlah 47.603 km dengan kemantapan rata-rata sudah mencapai 92,2%. Sedangkan jalan tol yang sudah beroperasi sepanjang  2.816 km.

Basuki juga menyampaikan peningkatan jalan daerah melalui instruksi Presiden Jalan Daerah. “Kami juga melakukan peningkatan jalan daerah melalui inpres, di antaranya akses jalan tol di Lampung, akses pariwisata di Sumatera Utara, akses ke Puncak Bogor, serta ruas Paseh-Congeang untuk mendukung exit Tol Cisumdawu,” kata Basuki, dikutip dari laman instagram @kemenpupr, Sabtu (9/12).

Menteri Basuki juga memastikan tidak akan ada kegiatan perbaikan jalan selambat-lambatnya pada H-10. Kegiatan yang dilakukan nanti adalah aplikasi BPJT Info, toilet cabin, mobil tangki air, bis toilet, vacum tinja, dan hidran umum. Tim tanggap bencana juga disiagakan pada titik-titik rawan bencana.

Selain kesiapan, pemerintah juga menggratiskan sejumlah ruas jalan tol pada Nataru, diantaranya, Tol Indralaya–Prabumulih sepanjang 64,5 Km, Tol Binjai–Langsa (Stabat – Kuala Bingai) sepanjang 8 Km, Tol Indrapura–Lima Puluh sepanjang 15 Km.

Lalu Tol Sigli–Banda Aceh (Blang Bintang–Baitussalam) sepanjang 12,7 Km dan Tol Indrapura–Tebing Tinggi sepanjang 26,23 Km yang dikelola oleh PT Hutama Marga Waskita (Hamawas). (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles