JAKARTA | RMNIndonesia
Direktur Utama PT PLN, Darmawan Prasodjo meraih penghargaan The Best Industry Marketing Champion 2023, pada ajang Marketeer of The Year 2023. Penghargaan ini diberikan atas prestasi luar biasa Darmawan Prasodjo membawa PLN terus berinovasi dan bertransformasi digital sehingga mencetak kinerja terbaik sepanjang sejarah.
Pendiri dan Ketua Mcorp Hermawan Kartajaya sekaligus Dewan Juri mengatakan MarkPlus bersama Indonesia Marketing Association (IMA) memberikan penghargaan kepada mereka yang terbaik di bidangnya dan mampu memberi dampak langsung terhadap masyarakat.
“Kami secara konsisten mengakui dan memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh pemasaran yang prestisius dan dihormati di Indonesia yang telah menunjukkan semangat pemasaran yang patut dicontoh sekaligus memberikan dampak yang signifikan. baik terhadap kinerja bisnis perusahaannya maupun masyarakat luas, melalui Industry Marketing Champion,” ujar Hermawan, dikutip, Minggu (10/12/2023).
Sementara Dirut PT PLN Darmawan Prasodjo bersyukur dengan penghargaan ini. Karena penghargaan ini buah dari transformasi bisnis yang diterapkan PLN dalam 3 tahun terakhir.Transformasi digital perseroan dilakukan dari hulu ke hilir, mulai dari pembangkit, transmisi distribusi, sistem perencanaan, keuangan, pembayaran, pengadaan, hingga sistem pelayanan pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile.
“Selama ini kami terus melakukan upaya peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, salah satunya adalah melalui aplikasi PLN Mobile. Dalam hal pemasaran dan penjualan produk kami, dalam aplikasi ini kami sediakan seluruh layanan kami untuk dapat di manfaatkan oleh pelanggan,” ujar Darmawan.
Ia menyebut transformasi digital juga membawa perubahan paradigma dan cara kerja di PLN menjadi lebih responsif, produktif dan semakin memudahkan pelanggan dari proses bisnis yang selama ini dinilai berbelit-belit, yang tadinya sangat panjang dipangkas menjadi ringkas dan cepat.
Hasilnya, selain meningkatkan pendapatan, transformasi ini berhasil mencapai efisiensi operasional dan keuangan yang luar biasa selama dua tahun berturut-turut.
“Dapat kita lihat jumlah pelanggan kami meningkat sekitar 3 juta pelanggan di sampai november 2023 menjadi 88,8 juta dari sebelumnya sebanyak 85,6 juta. Selain itu, antusiasme dan kepuasan pelanggan juga terlihat dari peningkatan yang signifikan pada jumlah pengguna aplikasi PLN Mobile yang meningkat drastis dari 500 ribu menjadi lebih dari 73,9 juta, serta rating aplikasi yang juga melonjak dari 2,5 menjadi 4,9, dari skala 5 menunjukkan penerimaan positif dari para pengguna,” jelasnya.
Dirinya pun tak menampik bila torehan prestasi ini merupakan hasil kerja keras tim PLN di penjuru tanah air sekaligus dukungan dari pemerintah. Oleh karena itu, penghargaan yang diraihnya kepada seluruh insan PLN yang telah bekerja keras.
“Penghargaan tersebut juga tak lepas dari arahan Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Bapak Erick Thohir yang terus mendukung dan mendorong PLN untuk terus bertransformasi. Peran aktif dari kementerian terkait lainnya juga menjadi pemecut semangat kami dalam bekerja keras untuk membuat PLN semakin membaik,” pungkasnya. (jr)