Rabu, Mei 22, 2024
spot_img

Alam Ganjar: Analisis Komprehensif untuk Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

JAKARTA | RMNIndonesia

Putra capres Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, mengungkapkan ketimpangan pemerataan pembangunan menjadi fokus perhatian di kawasan Bali.

Menurutnya, ketimbangan pemerataan pembangunan itu akan menimbulkan tantangan kemiskinan terhadap masyarakat. Karena, selama ini, pembangunan penunjang sektor pariwisata berada di Bali, bagian selatan.

Namun, sejumlah wacana muncul, diantaranya membangun bandara di kawasan Bali, bagian Utara.

Alam menilai, hal itu hanya akan memindahkan pusat keramaian tetapi tidak meningkatka wisatawan yang datang ke Bali.

“Ada wacana membangun bandara di Bali Utara, tapi saya melihat perencanaan itu tak ter-planning dan hanya dijadikan komoditas politik. Maka saya melihat itu tidak tercapai dari sisi objektivitasnya,” tutur Alam saat melakukan pertemuan bersama pengusaha lokal di Bebek Tepi Sawah, Tuban Bali, Minggu (17/12/2023).

Terkait jumlah wisatawan yang stagnan, Alam menyebut perlu dilakukan analisis secara kompreghensif dalam menentukan strategi dalam menyusun promosi wisata di Bali. Ini buat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Bali.

“Kita perlu menganalisa data wisatawan yang datang di Bali selama ini, apakah didominasi atau mancanegara yang perlu ditingkatkan, nanti kalau udah ketemu dimana yang kurang baru diatur strategi peningkatannya seperti apa karena treatmentnya kan berbeda,” jawab Alam.

Kendati demikian, Alam sepakat untuk tetap mengedepankan identitas budaya Bali yang selama ini sudah populer dan dikenal oleh publik dalam menyusun setiap strategi promosi dilakukan. Selain itu, inovasi melalui industri ekonomi kreatif harus tetap diadaptasi agar Bali semakin ramai dikunjungi wisatawan.

“Strategi promosinya tetap harus mengedepankan budaya karena selama ini Bali tak terpisahkan dengan budaya selain alamnya,” pungkas Alam. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles