Selasa, Juli 23, 2024
spot_img

Kinerja APBN hingga Desember Lebih Kuat

JAKARTA | RMNIndonesia

Kinerja APBN hingga pertengahan bulan Desember 2023 tercatat lebih kuat dari target yang ditentukan. Kinerja baik ini berdampak pada sejumlah sektor termasuk pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam konferensi pers APBN Kita Desember 2023, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bahwa kinerja APBN hingga 12 Desember 2023 masih positif. Pendapatan negara tercatat mencapai Rp 2.553,2 triliun atau meningkat 4,1% (yoy) diiringi belanja negara yang juga catat hasil positif di angka Rp 2.588,2 triliun.

“APBN terus diupayakan pemerintah untuk tetap memberikan beragam manfaat langsung kepada masyarakat, yang direalisasikan dalam bentuk perlindungan sosial, kesejahteraan petani, fasilitas UMKM, pendidikan, infrastruktur, dan investasi,” tutur Sri Mulyani, dikutip Selasa (19/12/2023).

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar menjelaskan bahwa hingga 12 Desember 2023, pihaknya turut berkontribusi sebesar Rp 256,5 triliun. Sektor cukai menjadi penerimaan tertinggi dengan total Rp 196,7 triliun, didukung penerimaan bea masuk sebesar Rp 47,6 triliun dan bea keluar Rp 12,3 triliun.

Dia menjelaskan kalau dibandingkan tahun sebelumnya, penerimaan bea masuk dan bea keluar mengalami perlambatan, masing-masing di angka 0,1% dan 68,5%.

Perlambatan penerimaan bea masuk dipengaruhi beberapa hal seperti penurunan nilai impor sampai dengan Oktober dan pengaruh peningkatan FTA. Sedangkan bea keluar dipengaruhi oleh turunnya harga produk sawit dan tembaga, serta terhentinya aktivitas ekspor sawit.

“Untuk penerimaan cukai, hasil tembakau (HT) masih menyumbang mayoritas nilai capaian, yaitu Rp 188,9 triliun. Capaian HT ini turun 3,7% (yoy) karena dampak kebijakan pengendalian konsumsi, keberlangsungan tenaga kerja, dan pengawasan rokok ilegal,” tutur Encep. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles