Rabu, Mei 22, 2024
spot_img

PT KAI Pasang PLTS di 40 Stasiun KA

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memasang solar panel di 40 stasiun dan dua balai yasa di Balai Yasa Manggarai.

Direktur Utama KAI Didie Hartantyo mengatakan bahwa pihaknya menggelontorkan anggaran senilai Rp 18 miliar untuk memasang pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) .

“Investasi Rp18 miliar dengan kapasitas dengan total kapasitas 1.072,5 kWp berkontribusi rata-rata sebesar 49,63 % dari kebutuhan listrik bangunan, serta 2 balai yasa dengan total kapasitas 594,6 kWp berkontribusi rata-rata sebesar 39% dari kebutuhan listrik bangunan,” ujar Didiek, dikutip Kamis (28/12/2023).

Untuk pengawasannya, Didiek menyebut, sistem monitoring akan terus dilakukan untuk meningkatkan pemakaian dan menjaga perawatan.

Didiek menyebut, 40 stasiun KA yang dipasang solar panel meliputi Stasiun Pasarsenen, Tanjungpriok, Depok, Citayam, Jakartakota, Duri, Serpong, Parungpanjang, Cikini, Bogor, Gondangdia, Juanda, Manggabesar, Sawahbesar, Cirebon, Cirebonprujakan, Brebes, Purwokerto, Kutoarjo, Kroya, Cilacap, Yogyakarta, Ketapang, Probolinggo, Jember, Rangkasbitung, Tangerang, Univ. Indonesia, Cawang, Semarang Tawang Bank Jateng, Semarang Poncol, Tegal, Pekalongan, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Bojonegoro, dan Wonokromo.

Sistem PLTS yang dibangun PT KAI ini menggunakan sistem On Grid di mana sistem PLTS terhubung dengan jaringan listrik PLN sehingga listrik pada bangunan aset KAI tetap andal dalam melayani kebutuhan pelanggan KAI.

“Sistem PLTS yang terpasang sudah terhubung dengan jaringan internet sehingga energi yang dihasilkan oleh PLTS dapat dimonitor secara realtime melalui komputer ataupun aplikasi pada perangkat handphone,” pungkasnya. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles