Rabu, Mei 22, 2024
spot_img

Malam Tahun baru 2023 Menjelang 2024, Bupati Bandung Menjelaskan Kinerja 2023

BANDUNG | RMNIndonesia

Bupati Bandung, Dadang Supriatna, memanfaatkan malam pergantian tahun untuk menyampaikan pencapaian kinerja Pemkab Bandung selama dua tahun delapan bulan di bawah kepemimpinannya.Pemaparan ini dilakukan pada acara Hajat Akhir Tahun Bedas Berdaya yang diselenggarakan di Halaman Mapolsek Majalaya, Minggu (31/12/2023) malam, yang dimeriahkan oleh pertunjukan Wayang Golek dengan Dalang Dadan Sunandar Sunarya.

Pencapaian kinerja ini juga dibuktikan dengan diraihnya ratusan penghargaan, mencapai 257 penghargaan hingga akhir tahun 2023, baik di tingkat regional maupun nasional. Bupati Dadang Supriatna menyebut salah satu penghargaan tingkat nasional yang diraih yakni Anugerah Kepatuhan Penyelenggaraan Standar Pelayanan Publik Tahun 2023 dari Ombudsman RI dengan predikat “Kualitas Tertinggi” atau Zona Hijau Kategori A, dengan nilai 96,16 poin.

“Saya persembahkan penghargaan ini untuk masyarakat Kabupaten Bandung,” ucap bupati di hadapan ratusan warga yang hadir.

Bupati Dadang Supriatna kemudian memaparkan capaian kinerja Pemkab Bandung sepanjang tahun 2023 yang terangkum dalam 3 Program Prioritas Utama. Pertama, Pemkab Bandung menyalurkan insentif guru ngaji sebesar Rp109 miliar untuk 17 ribu guru ngaji, termasuk kepesertaan BPJS Kesehatan gratis. Kinerja lainnya mencakup peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) menjadi Rp 1,3 triliun, meningkat dari Rp960 miliar tahun 2022.

Capaian kinerja kedua adalah Program Prioritas Utama Pinjaman Modal Bergulir Tanpa Bunga Tanpa Jaminan, dengan realisasi pinjaman mencapai Rp51,7 miliar untuk 26 ribu rekening UMKM.

Capaian kinerja ketiga adalah pemberian asuransi dan subsidi kepada para petani di Kabupaten Bandung. Tercatat hibah sebesar Rp25 miliar telah tersalurkan untuk petani di 31 kecamatan untuk 1.258 kelompok tani.

Bupati Dadang Supriatna juga mengungkapkan pembangunan infrastruktur untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Dalam kurun waktu satu tahun, dua rumah sakit umum daerah (RSUD) diresmikan, sementara tiga RSUD lainnya ditargetkan diresmikan pada tahun 2024. Begitu pula dengan pembangunan gedung sekolah baru, 9 bangunan SMP telah dibangun dari total target 28 SMP, dan 2 bangunan SMA dari total 22 bangunan baru yang diusulkan ke Pemprov Jawa Barat.

“Saya berharap keberhasilan capaian kinerja Pemkab Bandung di tahun 2023 ini bisa lebih ditingkatkan lagi di tahun 2024,” ucap Bupati Bedas. (il/BDR).

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles