Rabu, Mei 22, 2024
spot_img

Cegah Hujan, TMC Lakukan Penyemaian Garam di Angkasa

Area operasi efektif untuk menjangkau antara satu sampai dua wilayah daratan provinsi yang menjadi sasaran. Namun

JAKARTA | RMNIndonesia

guna mencegah hujan turun di tiga wilayah daratan Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyatakan Tim Modifikasi Cuaca (TMC) telah menyelesaikan operasi menyemai garam di angkasa, pada 10 Januari 2024 lalu.

“TMC tanggal 3 sampai 10 Januari beroperasi dengan dua pesawat dari posko Bandar Udara Pondok Cabe. Diupayakan untuk mengurangi curah hujan di wilayah Banten, Jakarta, dan Jawa Barat,” kata Perekayasa Ahli Utama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tri Handoko Seto di Jakarta kemarin.

Seto juga memperkirakan, area operasi tersebut efektif untuk menjangkau antara satu sampai dua wilayah daratan provinsi yang menjadi sasaran. Namun total luasnya belum dihitung secara terperinci.

Mantan Kepala Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BB-TMC BPPT) itu menjelaskan, operasi menyemai garam dilakukan pada angkasa sekitar wilayah perairan laut yang luas.

Agar awan, yang terbentuk dari kondensasi air laut dan bergerak menuju daratan, bisa segera menjadi hujan sebelum memasuki daratan.

Belum dijelaskan secara terperinci mengenai biaya untuk satu kali sortie atau penerbangan yang dilakukan oleh pesawat udara untuk misi tersebut.(ist/JR)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles