Selasa, Juli 23, 2024
spot_img

Hari Pendidikan Internasional 2024: Tema dan Sejarah Peringatan

JAKARTA | RMNIndonesia

Hari Pendidikan Internasional, atau International Day of Education, diperingati setiap tahun pada tanggal 24 Januari. Tujuannya adalah untuk meningkatkan akses pendidikan di seluruh dunia. Pendidikan dianggap sebagai hak asasi manusia yang mendasar, dan pendidikan berkualitas diharapkan dapat memutus siklus kemiskinan yang melibatkan jutaan anak, remaja, dan orang dewasa.

Berikut adalah beberapa informasi terkait Hari Pendidikan Internasional 2024:

Tema Hari Pendidikan Internasional 2024

Menurut situs resmi UNESCO, tema Hari Pendidikan Internasional 2024 adalah “Learning for Lasting Peace” atau “Belajar untuk Perdamaian Abadi.” Pada tanggal 24 Januari 2024, UNESCO menyelenggarakan hari dialog tentang pendidikan untuk perdamaian di Markas Besar PBB di New York City. Acara ini bertujuan untuk memobilisasi negara-negara anggota, badan-badan dan program-program PBB, LSM-LSM yang berafiliasi dengan PBB, guru, pemangku kepentingan pendidikan, serta generasi muda.

Pembelajaran untuk perdamaian diharapkan bersifat transformatif, memberdayakan peserta didik dengan pengetahuan, nilai-nilai, sikap, keterampilan, dan perilaku yang diperlukan untuk menciptakan perdamaian dalam komunitas mereka.

Asal-Usul Hari Pendidikan Internasional

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan tanggal 24 Januari sebagai Hari Pendidikan Internasional untuk merayakan peran pendidikan dalam perdamaian dan pembangunan. Hak atas pendidikan tercantum dalam pasal 26 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, yang menyerukan pendidikan dasar yang gratis dan wajib. Konvensi Hak Anak yang diadopsi pada tahun 1989 lebih lanjut menetapkan bahwa negara-negara harus menyediakan pendidikan tinggi yang dapat diakses oleh semua orang.

Hari Pendidikan Internasional juga terkait dengan salah satu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB. Poin keempat dari tujuan tersebut menegaskan komitmen PBB untuk menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua.

Penting untuk terus mendorong akses dan kualitas pendidikan di seluruh dunia guna mencapai visi pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan.(il/BDR)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles