Rabu, Mei 22, 2024
spot_img

Ganjar Janji Bayar Utang Nelayan

“Kita sadar betul bahwa banyak nelayan yang saat ini mengalami kredit macet karena pandemi Covid-19 kemarin. Ke depan, kredit macet ini akan kita hapus,”

JAKARTA | RMNIndonesia

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo berjanji menghapus kredit macet para nelayan ke perbankan. Itu khusus buat kredit macet yang timbul akibat pandemi covid -19.  

Hal itu diungkapkannya saat bertemu dengan nelayan di Kampung Nelayan Kurnia, Kelurahan Belawan Bahari, Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Minggu (28/1).

Ganjar hadir bersama Ketua TPN Arsjad Rasjid, Deputi Politik TPN, Andi Wijajanto, Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Paul Baja Siahaan serta sejumlah ketua partai pendukung, para juru kampanye.

Lebih lanjut Ganjar menyadari bahwa masa pandemi covid-19 lalu, banyak nelayan tidak bisa melaut. Sementara pendapatan nelayan untuk membayar kredit ke perbankan turun drastis akibat daya beli masyarakat yang menurun.

“Kita sadar betul bahwa banyak nelayan yang saat ini mengalami kredit macet karena pandemi Covid-19 kemarin. Ke depan, kredit macet ini akan kita hapus,” kata Ganjar yang kemudian disambut sorak-sorai massa kampanye.

Rencana capres nomor urut tiga ini menghapus kredit macet nelayan disambut baik Rasyidin Harahap (44) nelayan dari Kampung Kurnia Belawan. Rasyidin mengaku saat ini hanya bisa melaut mengikuti kapal orang lain setelah perahu miliknya disita perbankan akibat tak mampu membayar cicilan.

“Ya Mudah-mudahan bisa terealisasi. Karena kondisi nelayan memang saat ini banyak yang terlilit utang. Mau pinjam ke bank untuk modal melaut pun sudah tak lagi bisa karena ada tunggakan yang belum selesai,” tukasnya.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan, per Oktober 2023 lalu total kredit yang direstrukturisasi akibat terdampak Covid-19 berada pada angka Rp. 301,16 triliun dengan jumlah nasabah 1,22 juta. Sebagian besar kredit yang direstrukturisasi adalah kredit usaha mikro, kecil dan menengah yang difasilitasi Himpunan Bank Negara (Himbara). (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles