Senin, Mei 20, 2024
spot_img

10 Tanda Kekurangan Vitamin D, Ada yang Sering Diabaikan

JAKARTA | RMNIndonesia

Banyak orang mungkin tidak menyadari ketika tubuh mereka mengirimkan sinyal kekurangan vitamin D. Kekurangan ini seringkali tidak menunjukkan gejala yang jelas, meskipun memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Meskipun masih terdapat perdebatan mengenai jumlah vitamin D yang dibutuhkan setiap orang, vitamin ini tetap menjadi elemen kunci untuk kesehatan.

Paparan sinar matahari alami atau konsumsi makanan kaya vitamin D menjadi cara utama tubuh manusia untuk mempertahankan kadar yang cukup. Kekurangan vitamin D dapat menimbulkan risiko pada tulang dan otot, dan ini menjadi masalah yang perlu diperhatikan.

Pengaruh kekurangan vitamin D dapat dirasakan sepanjang rentang usia. Bayi yang hanya mendapatkan ASI mungkin tidak memperoleh cukup vitamin D, sehingga memerlukan suplemen. Seiring bertambahnya usia, produksi vitamin D oleh kulit menjadi semakin sulit, yang dapat menyebabkan kekurangan vitamin D.

Menurut informasi dari Yale Medicine, vitamin D berperan dalam penyerapan kalsium dan fosfor, yang esensial untuk kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D dapat menghambat penyerapan kalsium dari makanan, yang penting untuk menjaga kadar kalsium yang cukup dalam tubuh.

Selain dari paparan sinar matahari, manusia dapat memperoleh vitamin D dari makanan tertentu seperti ikan, kuning telur, susu, sereal yang diperkaya, atau melalui suplemen makanan.

Tanda-tanda kurang vitamin D mencakup nyeri otot, sakit tulang, peningkatan sensitivitas terhadap rasa sakit, sensasi kesemutan di tangan atau kaki, kelemahan otot pada bagian tubuh tertentu, seperti lengan atas atau paha, berjalan terhuyung-huyung, riwayat patah tulang, kedutan atau tremor otot, kejang otot, atau bahkan kaki tertekuk dalam kondisi defisiensi yang parah.

Semua gejala ini dapat menjadi tanda kurang vitamin D yang sering kali tidak disadari oleh individu. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan paparan sinar matahari, pola makan, dan mempertimbangkan suplemen vitamin D jika diperlukan guna menjaga kesehatan tulang dan otot yang optimal.(il/BDR)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles