Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Polisi Terapkan “One Way” di Simpang Gadog

BOGOR | RMNIndonesia

Pada libur panjang Isra Miraj dan Imlek 2024, arus lalu lintas kendaraan menuju kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat, mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini menyebabkan terjadinya kemacetan di sepanjang ruas jalan menuju kawasan wisata tersebut pada Jumat (9/2/2024). kemacetan terutama terjadi dari arah Jakarta, khususnya di pintu keluar Tol Ciawi, Simpang Gadog, hingga Jalan Ciawi. Kemacetan ini meluas dari ruas jalan Pasir Muncang, Simpang Gadog, hingga ke arah Puncak Bogor. Kendaraan roda empat terlihat mengantre untuk keluar dari Gerbang Tol Ciawi atau dari lampu merah Gadog, Jalan Ciawi. Bahkan, beberapa pengendara mobil terpaksa memutar balik kendaraannya menuju Kota Bogor atau Jakarta akibat kemacetan yang tak teratasi. Sementara itu, arus lalu lintas dari arah sebaliknya, yakni menuju arah bawah atau Jakarta, juga terpantau tersendat.

Kepala Bagian Operasional (KBO) Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bogor, Iptu Ardian Noviantasari, menjelaskan bahwa kemacetan hari ini disebabkan oleh adanya hambatan bottleneck atau penyempitan jalan. “Kemacetan di Pasir Muncang memang disebabkan oleh bottleneck dari ruas jalan yang mengalami penyempitan sekitar 18 sampai 20 meter, sehingga terjadi hambatan kendaraan di beberapa titik seperti Pasir Muncang, Megamendung, dan Cisarua,” ungkapnya ketika ditemui di lokasi.

Noviantasari menambahkan bahwa kondisi tersebut merupakan penyebab utama terjadinya titik hambatan kendaraan selama libur panjang atau pun di hari-hari biasa. Namun, saat ini kemacetan sudah dapat teratasi dengan menerapkan rekayasa one way atau sistem satu arah, sehingga tidak terjadi perpotongan arus. Dengan demikian, semua kendaraan yang datang dari Jakarta dapat terserap dengan lebih baik. “Meskipun terjadi penyempitan dan penerapan sistem bergantian dari enam lajur menjadi dua lajur, saat ini kami masih menerapkan sistem one way,” jelasnya.(il/BGR)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles