Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

Akhir Masa Jabatan, Pemerintah Jokowi “Warisi” Utang 8000 T

JAKARTA | RMNIndonesia

Presiden Joko Widodo ‘mewarisi’ utang dalam kepemimpinan sebanyak Rp8.041 triliun per November 2023. Utang tersebut nantinya akan diwariskan kepada Presiden baru yang terpilih.

Kementerian Keuangan membeberkan jumlah pinjaman pemerintah masih dalam posisi wajar & aman. “Sejauh ini, pinjaman pemerintah masih terkendali,” kata Direktur Pinjaman dan Hibah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko (DJPPR) Kemenkeu, Dian Lestari di Jakarta.

Terkait dengan itu, Wakil Rektor Universitas Paramadina, Handi Risza mengatakan, siapapun presidennya harus siap mewarisi beban tersebut.

“Nah, inilah yang diwariskan oleh pemerintahan Pak Jokowi ini, yang harus ditanggung oleh pemerintahan baru. Siapapun nanti yang akan terpilih menjadi presidennya,” kata Handi dalam Diskusi Universitas Paramadina ‘Masalah APBN, Utang, dan Tax Ratio Rendah. PR Presiden Yang Akan Datang.

Ia menjelaskan, utang tersebut akan menjadi tanggungan pemerintah setiap tahun karena wajib menganggarkan biaya pokok dan bunga utang. Handi juga menghitung beban utang tersebut hampir menembus angka Rp500 triliun setiap tahunnya.

“Bayangkan anggaran belanja kita cuma Rp3.000 triliun ya di 2024 ini, jadi Rp500 triliun itu sudah kita belanjakan untuk membayar utang. Inilah yang membebani APBN kita,” ujarnya. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles