Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

Penyaluran Bansos Beras Dihentikan

“Sedang dipertimbangkan untuk dihentikan sementara di hari tenang tanggal 11 Februari sampai dengan pencoblosan 14 Februari 2024,”

JAKARTA | RMNIndonesia

Distribusi Bantuan sosial (Bansos)beras 10 kg dari pemerintah dihentikan. Akibatnya 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM) tidak mendapatkan Bansos. Penghentian penyaluran bansos telah dikonfirmasi oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi menginstruksikan kepada Perum Bulog untuk menghentikan sementara penyaluran cadangan pangan pemerintah untuk bantuan pangan pada 8-14 Februari 2024 di seluruh wilayah di Indonesia.

Di kutip dari Okezone, berikut sejumlah fakta terkait bansos beras yang dihentikan.

1. Pertimbangan Dihentikan

Bapanas menyetop sementara distribusi bansos beras 10 kg sejak 11-14 Februari 2024. Pertimbangan penghentian sementara penyaluran adalah adanya pelaksanaan (pemilu) yang mulai digelar pada 14 Februari tahun ini. “Sedang dipertimbangkan untuk dihentikan sementara di hari tenang tanggal 11 Februari sampai dengan pencoblosan 14 Februari 2024,” ujar Arief saat dihubungi MNC Portal.

2. Dihentikan Sementara

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menjelaskan, tanggal 8-9 Februari 2024 merupakan libur. Kemudian di 10 Februari 2024 terakhir masa kampanye dan 11-13 Februari 2024 merupakan hari tenang dan 14 Februari 2024 hari pencoblosan.

3. Penyaluran akan Dilakukan Kembali

Arief menjelaskan dirinya mengakui bahwa penyaluran bantuan pangan sangat diperlukan masyarakat. Oleh karena itu, Arief menegaskan bahwa penyaluran akan segera dilakukan kembali pada 15 Februari 2024.

4. Bansos Sudah Direncanakan

Arief juga mengatakan bahwa bantuan pangan beras ini sangat efektif menahan kenaikan harga akibat turunnya produksi beras. Bantuan pangan beras ini sudah direncanakan jauh-jauh hari dan sangat diperlukan masyarakat berpenghasilan rendah.

5. Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Sementara itu Cawapres nomor urut 1, Cak imin menyoroti keputusan pemerintah menghentikan Bansos. Menurutnya, jadwal penyaluran bansos seharusnya berdasarkan kebutuhan riil masyarakat, bukan ditentukan oleh pertimbangan politik. “Jadi jadwal bansos sesuai dengan kebutuhan rakyat bukan bansos sesuai jadwal politik, nah itu saya sangat berharap sesuai dengan nafsu politik itu memang harus hati-hati,” ujarnya. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles