Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

Warga Marak buang Sampah di Jalan

LEBAK | RMNIndonesia

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini disampaikan setelah adanya keluhan dari warga pengguna jalan tentang sampah yang menumpuk di bahu jalan, seperti yang terjadi di jalan Ir Soetami di Kampung Ciawi, Desa Sukamanah.

Kepala DLH Lebak, Iwan Sutikno, mengungkapkan bahwa fenomena membuang sampah di jalanan belakangan ini semakin marak. Meskipun sudah disediakan beberapa kontainer tempat sampah di beberapa ruas jalan, namun masyarakat masih membuang sampah di jalanan.

“Iya, kami juga sangat menyayangkan hal ini. Banyak warga yang masih kurang memahami pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Mereka sepertinya sudah terbiasa dan merasa tidak bersalah, padahal tindakan ini merugikan banyak pihak,” ujar Iwan kepada wartawan.

Iwan menambahkan bahwa sampah yang dibuang di pinggir jalan lebih banyak daripada yang masuk ke dalam tong sampah. Hal ini tentu saja berdampak buruk, seperti merusak pemandangan, menimbulkan bau tak sedap, meningkatkan risiko banjir, menyebarkan penyakit, dan mencemari lingkungan.

“Sampah seharusnya dibuang ke tong sampah. Nantinya akan diangkut oleh petugas pengangkut sampah dan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Di TPA, sampah tersebut akan diolah atau dihancurkan, dan dibentuk kembali menjadi bahan yang berguna,” papar Iwan.

Iwan menegaskan bahwa pengendalian sampah yang paling sederhana dan efektif adalah dengan menumbuhkan kesadaran dari dalam diri sendiri untuk tidak merusak lingkungan dengan sampah. “Mulailah dari diri sendiri untuk tidak membuang sampah sembarangan. Diperlukan juga kontrol sosial budaya masyarakat untuk lebih menghargai lingkungan,” tambahnya.

Salah seorang warga, Romli, mengungkapkan bahwa tumpukan sampah di wilayahnya berasal dari beberapa perumahan. Warga yang sudah lama tinggal di kampung tersebut terbiasa dengan cara pembuangan sampah rumah tangga, ada yang membakar dan ada yang mengubur ke tanah.

“Kami harap tumpukan sampah segera diangkut karena sudah menimbulkan bau tak sedap,” ucapnya. (Jat/TR)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles