Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

Kemendag Terkena Pemblokiran Sementara Rp 140 Miliar

RMNIndonesia

Kementerian Perdagangan (Kemendag) terkena automatic adjustment atau pemblokiran sementara sekitar Rp 140 miliar. Jumlah itu merupakan 8% dari total pagu belanja 2024, sekitar Rp 1,9 triliun.


Plt Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto mengatakan, anggaran yang diblokir tersebut pos perjalanan dinas hingga kegiatan sosialisasi. Oleh karena itu dipastikan tidak akan mengganggu kinerja Kemendag.


“Rp 140 miliar di 2024 (anggaran yang kena blokir). Yang diblokir adalah anggaran dari sosialisasi, perjalanan dinas. Kita menyesuaikan, saya kira nggak ada masalah dari Kemendag,” tuturnya di Padma Hotel Semarang, Jawa Tengah, dikutip Rabu (21/2).


“Walaupun kena automatic adjustment kita juga memprioritaskan untuk kegiatan-kegiatan yang tentunya menjadi strategis kita itu kita utamakan. Apakah itu mencakup target prioritas nasional sebagai kinerja ekspor, kami pastikan tidak akan terganggu,” sambungnya .


Ia memahami keputusan pemerintah adalah untuk berjaga-jaga di tengah kondisi geopolitik global yang masih dinamis. Dengan kebijakan ini, K/L diarahkan untuk memprioritaskan belanja yang benar-benar penting sehingga akan memiliki ketahanan untuk antisipasi jika harus dilakukan perubahan.


“Kita sadar bahwa pemerintah pasti akan mementingkan kebutuhan yang lebih utama. Untuk kegiatan monitoring-monitoring kan sekarang bisa dengan sistem online dan lain-lain,” ucapnya.


Total tahun ini pemerintah melakukan pemblokiran anggaran sebesar Rp 50,15 triliun. Hal itu berdasarkan surat Menteri Keuangan Nomor S-1082/MK.02/2023.


Anggaran yang diblokir sementara bersumber dari dana Rupiah Murni (RM). Kegiatan yang diprioritaskan untuk dilakukan automatic adjustment yakni belanja barang yang dapat diefisienkan, tidak mendesak atau dapat ditunda, diutamakan berasal dari 10 akun belanja barang yaitu honor, perjalanan dinas, paket meeting, belanja barang operasional lainnya dan belanja barang non operasional lainnya. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles