Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Di Kabupaten Tangerang Airlangga Hartarto Simulasi Pilot Project Program Nasional SISTARA

TANGERANG | RMNIndonesia

Kabupaten Tangerang menjadi percontohan implementasi program nasional Siswa Indonesia Sehat, Terampil dan Sejahtera (SISTARA). Sekolah jadi lokus percontohan Pemerintah Pusat adalah SMP Negeri 2 Curug. Hal tersebut diungkapkan Pj Bupati Tangerang saat mendampingi kunjungan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di SMPN 2 Curug, Kamis, (29/2).

Dalam sambutannya, Pj Bupati Andi Ony menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memilih Kabupaten Tangerang sebagai lokasi percontohan program SISTARA. Program ini memberikan makanan bergizi dan berimbang kepada para siswa SMP sebagai pondasi untuk membangun kesehatan fisik dan mental. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan bangsa.

“Kami sampaikan selamat datang dan
terima kasih kepada Bapak Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di Kabupaten Tangerang khususnya di SMP 2 Negeri Curug yang jadi pilot project implementasi program SISTARA melalui pemberian makanan bergizi dan berimbang kepada siswa SMP,” kata Pj Bupati Andi Ony.

Andi menyambut baik dan siap mendukung penuh implementasi program SISTARA sebagai upaya awal dan komitmen bersama dalam membentuk generasi bangsa yang sehat terampil dan sejahtera menuju Indonesia emas 2045.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Tangerang, kami menyambut baik dan siap untuk berkolaborasi dengan pemerintah pusat untuk mendukung program ini yang tujuannya tidak lain adalah untuk menyiapkan generasi-generasi penerus yang sehat terampil dan sejahtera,” ujarnya.

Sementara itu, Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto menuturkan bahwa Kabupaten Tangerang merupakan wilayah ideal untuk percontohan nasional program Siswa Indonesia Sehat, Terampil dan Sejahtera (SISTARA). Menurut dia, tipologi sekolah di Kabupaten Tangerang telah mencakup dan menggambarkan seluruh kondisi sekolah secara nasional.

“Saya bersyukur dan senang dengan adanya simulasi program ini karena Kabupaten Tangerang ini punya sekolah dengan 3 tipologi nasional, yaitu perkotaan, perdesaan dan pesisir sehingga ini ideal untuk piloting percobaan,” jelas Airlangga

Lanjut dia, pemberian nutrisi kepada para siswa harus mempunyai gizi yang cukup, baik kalori protein dan nutrisi lainnya secara berimbang. Diharapkan dengan adanya program tersebut juga bisa mengembangkan UMKM yang ada di sekitar sekolah.

“Ini merupakan pilot project yang baik di mana sekolah bisa ikut menjaga gizi dan kehigienisan siswa. Adanya kantin sehat yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang di SMK Negeri 2 Curug Kabupaten Tangerang merupakan kolaborasi yang baik dan bisa mengembangkan UMKM sekitar,” tuturnya

Selain dihadiri oleh Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan Pj Bupati Tangerang Andi Ony, acara percontohan implementasi program SISTARA tersebut juga dihadiri oleh Bupati Tangerang periode 2013-2023 Ahmed Zaki Iskandar dan para pejabat, baik dari kementerian maupun dari Pemkab Tangerang.(BR)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles