Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

ASN Dapat Tunjangan Pesawat

JAKARTA | RMN Indonesia

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB)  merampungkan tunjangan pegawai ASN pertama yang pindah ke IKN Kalimantan Timur.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas mengatakan, proses perumusan tunjangan ASN pertama yang pindah ke IKN alias Tunjangan Pionir telah rampung. Satu diantaranya tunjangan kepindahan.

“Sudah kita rumuskan, ada tunjangan kepindahan, packing, kemudian tunjangan mereka berangkat dengan keluarganya ke tempat itu,” ujar Anas, ditemui usai acara Peresmian Bersama Mal Pelayanan Publik dan Percepatan Penyelenggaraan MPP Digital, di Hotel The Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (7/3).

Namun, Anas enggan merinci besaran insentif tersebut. Sebagai informasi, Diperkirakan 2.500 ASN pertama yang pindah ke IKN mulai Juli. Sekema pemindahan ASN dilakukan secara bertahap sehingga keberangkatan tidak langsung dilakukan ribuan orang secara bersamaan.

“Dapat tunjangan naik pesawat, yang jauh naik pesawat. Kecuali yang dekat mungkin (bisa naik kapal), bawa lemari, bawa apa,” tuturnya.

Di samping itu, Anas juga optimistis target pelaksanaan Upacara 17 Agustus di IKN bisa tercapai. Hal ini didukung dengan progres pembangunan infrastruktur di sana yang sudah berkembang pesat, terutama hunian ASN.

“Kemarin kami dengan presiden topping off terkait kesiapan hunian ASN yang ada di IKN. Saya sendiri agak terkaget-kaget karena sebelumnya belum ada apa-apa. Sekarang towernya sudah, wah… Sudah penutupan anu, lantai paling atas. Jadi sangat cepat sekali. Dan apartemennya 90 meter jadi cukup gede,” ujarnya.

Diketahui, pemerintah menetapkan skala prioritas untuk kepindahan ASN ke IKN. ASN yang pertama pindah adalah ASN Pertahanan dan keamanan, ASN berusia muda dan memiliki kemampuan digital.

Anas sebelumnya sempat membocorkan adanya tunjangan anak bagi ASN yang telah berkeluarga. Hal ini sesuai dengan amanat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) demi meringankan beban para ASN yang membawa keluarga ke IKN, apalagi mengingat biaya hidup di IKN jauh lebih tinggi ketimbang DKI Jakarta.

“Kita sedang cari opsi. Memang Pak Presiden kemarin minta coba dirumuskan tunjangan untuk anak yang pindah pertama, ini untuk keluarga ini,” kata Anas, dalam Konferensi Pers di Kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta Selatan, Jumat (22/12). (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles