Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

Jelang Ramadhan Dharma Jaya Tingkatkan Stock Daging Seribu Ton

JAKARTA | RMN Indonesia

Untuk memastikan pasokan ketersediaan dan harga daging aman terkendali jelang Ramadhan, Perumda Dharma Jaya meningkatkan stok daging hingga 1.000 ton.

“Arahan dari Pj Gubernur DKI (Heru Budi Hartono) agar stok daging ditingkatkan sebanyak tiga kali lipat. Makanya kita stok sampai 1.000 ton,” kata Direktur Utama Perumda Dharma Jaya Raditya Endra Budiman di Jakarta, kemarin.

Dia menyatakan tidak akan terjadi krisis daging karena stok lebih dari cukup. “Jadi, sampai sejauh ini, tidak ada kelangkaan daging di Jakarta. Karena kita sudah siap dengan stok yang lebih dari cukup,” katanya.

Bahkan, stok daging untuk penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) sebanyak 400 sampai 500 ton bisa digunakan bila diperlukan adanya operasi pasar.

“Sehingga, ketersediaan stok produk protein hewani seperti daging sapi dan ayam menjelang bulan Ramadhan hingga Lebaran dalam kondisi aman,” katanya.

Raditya mengimbau warga agar tidak melakukan pembelian secara berlebihan (panic buying) terhadap daging ayam maupun daging sapi.

Selain itu, Perumda Dharma Jaya juga bekerjasama dengan para pengusaha yang tergabung dalam asosiasi-asosiasi daging untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan daging.

Pertemuan dengan asosiasi pengusaha daging juga telah dilakukan beberapa waktu lalu yang dihadiri oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Dalam pertemuan tersebut membahas masalah ketersediaan daging untuk Ramadan dan Lebaran.

“Hadir asosiasi importir daging, asosiasi distributor daging dan asosiasi industri daging juga ada. Teman-teman asosiasi memastikan stok daging di bulan Ramadan masih ada dan aman,” ujar Raditya.

Raditya menjelaskan, stok daging yang dimiliki Perumda Dharma Jaya masih mampu memenuhi kebutuhan daging bagi warga Jakarta, ditambah masih adanya stok daging impor yang berasal dari izin impor tahun 2023.

Heru juga telah memberikan arahan kepada Perumda Dharma Jaya untuk meningkatkan stok daging hingga tiga kali lipat saat bulan Ramadan hingga Lebaran. Diprediksi, permintaan daging mengalami lonjakan sekitar 20-25 persen.

Raditya mengaku peningkatan permintaan daging ayam maupun sapi sudah terlihat. Gerai daging yang berada di lima lokasi Transmart telah meminta penambahan pasokan daging dan Dharma Jaya sudah menyanggupi untuk memenuhi permintaan tersebut.

Dia meminta masyarakat Jakarta tidak perlu khawatir terhadap ketersediaan daging saat Ramadan hingga Lebaran karena penambahan stok daging sudah dilakukan.

“Kalau pun ada kenaikan harga hanya sedikit, antara 5 sampai 10 persen. Mudah-mudahan dengan jaminan ketersediaan daging aman, masyarakat tidak membeli secara berlebihan,” kata Raditya.(JR)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles