Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

Presiden Jokowi Pamer Minyak Makan Merah

JAKARTA | RMN Indonesia

Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik minyak makan merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, Kamis (14/3). Minyak makan merah nantinya menjadi tren dalam urusan goreng menggoreng. 

“Vitamin di situ (minyak makan merah) banyak dan harga lebih murah, saya rasa ini akan jadi tren baik untuk urusan goreng-menggoreng,” ujar Presiden Jokowi, dikutip Antara.

Ia menjelaskan dengan adanya pabrik minyak makan merah di Deli Serdang, maka tandan buah segar yang diolah menjadi minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) dapat langsung diproses menjadi minyak makan merah.

“Minyak makan merah sangat bagus. Pertama, karena gizi nggak hilang, vitamin nggak hilang. Vitamin A, vitamin E, nutrien yang lain juga ada di situ,” jelasnya.

Ia pun mempromosikan bahwa harga minyak makan merah dibawah minyak goreng biasa. Minyak makan merah ini akan dikembangkan pada provinsi-provinsi lain di Indonesia. Sehingga diharapkan dapat memberi nilai tambah baru petani sawit yang memiliki sekitar 6,2 juta hektare kebun kelapa sawit di seluruh Indonesia.

“Kita ingin nilai tambah itu ada di dalam negeri, jadi harga TBS (tandan buah segar) tidak naik dan turun karena di sini semuanya diolah menjadi barang jadi yaitu minyak makan merah,” ujar Jokowi dalam acara peresmian pabrik tersebut.

Selain meresmikan pabrik minyak makan merah, Jokowi dan rombongan juga akan mengunjungi Kota Tanjungbalai menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu dijadwalkan mengunjungi Pasar Kawat dan meresmikan sejumlah ruas jalan daerah di Provinsi Sumatra Utara.

Menurut keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Sumatra Utara pada sekitar jam 09.15 WIB.

Ikut dalam rombongan presiden, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin serta Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles