Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

7 Perusahaan Plat Merah Karya Digabung

JAKARTA | RMN Indonesia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana menggabungkan perusahaan plat merah karya. Ada tujuh perusahaan yang digabung menjadi 3 perusahaan. Penggabungan dilakukan untuk lebih fokus sekaligus menyehatkan masing-masing BUMN.

Erick merinci penggabungan perusahaan BUMN itu yakni PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Nindya Karya (Persero), dengan PT Brantas Abipraya (Persero). Penggabungan kedua PT Hutama Karya (Persero) dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk, ketiga PT PP (Persero) Tbk dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

“Di karya hari ini kita sudah konsolidasi dalam tahap proses menggabungkan 7 karya menjadi 3 perusahaan karya. Yaitu dengan penggabungan yang namanya Brantas, Adhi, dan Nindya Karya. Lalu HK dengan Waskita, dan juga PP dengan WIKA. Ini salah satu konsolidasi penyehatannya,” ujar Erick saat rapat dengan Komisi VI DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, dikutip Selasa (19/3).

Untuk fokus kinerjanya, Erick menyebutkan untuk Hutama Karya dengan Waskita akan fokus mengerjakan tol, non tol, hingga pembangunan gedung. Sementara WIKA dan PP tidak lagi menggarap tol tetapi fokus pada pelabuhan, bandara, hingga pembangunan perumahan.

“Lalu juga penggabungan Adhi Karya, Nindya Karya, mereka akan fokus kepada air, rel, dan juga tentu beberapa konteks lagi. Ini yang kita lakukan sebenarnya konsolidasi sekaligus penyehatan,” jelas Erick.

Erick berencana untuk memangkas BUMN. Dia memiliki rencana panjang memangkas hingga menjadi 30 BUMN saja.

“Kita akan kurangi lagi supaya kita fokus kepada jenis jenis yang kita harus hadir kepada negara. Kemarin sempat misalnya apakah BUMN perlu hadir di bisnis hotel. Nah ini menjadi dinamika yang kita waktu itu kita hadir memang BUMN BUMN sudah memiliki hotel, ya ini kita konsolidasikan bukan bikin hotel baru,” ucapnya. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles