Sabtu, Juni 15, 2024
spot_img

Presiden Jokowi Setujui HET Beras Premium Rp 14.900

JAKARTA | RMN Indonesia

Presiden Joko Widodo memperpanjang relaksasi Harga Eceran Tertinggi (HET) beras premium hingga April 2024. Semula relaksasi HET beras premium hanya sampai akhir bulan ini.

“Bapanas juga sampaikan kepada Pak Presiden agar relaksasi harga beras premium yang sebelumnya Rp13.900 ke Rp14.900 kita minta izin dan disetujui untuk diperpanjang 1 bulan ini,” ujar Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi usai menghadiri ratas di Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip Selasa (19/3).

Ia menjelaskan, perpanjangan tersebut dilakukan agar stok beras di pasar dapat terjaga relaksasinya. “Supaya stok yang ada di market terutama di modern market itu dan outlet itu terjaga mengenai relaksasi harga beras,” jelasnya.

Arief juga menyebut bahwa stok beras di Bulog akan dipertahankan diatas 2 juta ton. Oleh karena itu harus didorong produksi dalam negeri.

“Produksi kita itu memang harus ditingkatkan. Sehingga stok Bulog itu akan di jaga levelnya di atas 2 juta ton. Kalau kemarin sebelumnya 1,2 ini harus di jaga di atas 2 juta ton. Sehingga produksi dalam negeri jadi penting. Jadi kalau tadi pak mentan menyampakan ada benih pupuk pompanisasi itu untuk mendorong produksi dalam negeri,” ungkapnya .

Arief mengungkapkan bahwa pemenuhan stok Bulog tersebut diprioritaskan pada produksi dalam negeri. Dsn pengadaan dari luar negeri, katanya, menjadi alternatif terakhir.

“Ketersediaan itu memprioritaskan produksi dalam negeri. Untuk naikan produksi dalam negeri Pak Mentan sudah jelaskan faktornya apa saja. Kemudian kalau memang dirasakan perlu pengadaan dari luar negeri itu akan dilakukan tapi itu adalah alternatif terakhir,” ungkapnya. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles