Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

PT MRT akan Revitalisasi Kawasan Blok M

JAKARTA | RMN Indonesia

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), Tuhiyat akan melakukan revitalisasi kawasan Terminal Blok M serta kawasan Blok M di Kebayoran Baru.

Tuhiyat mengatakan, semula kawasan Blok M dikenal menjadi salah satu tempat yang minim penerangan dan rentan kejahatan. Sewaktu kuliah, ia bahkan pernah menjadi korban dari kejahatan tersebut.

“Dulu saya ingat waktu kuliah sering baca buku dan itu isinya macem-macem. Gelap jalurnya. Kemudian saya pernah ditodong di kawasan Melawai, pulang malam dari kampus ditodong. Nah itu kira-kira cerita sepintas,” kisah Tuhiyat dalam agenda Konferensi Pers Hari MRT Jakarta di Taman Literasi Martha Tiahahu, Blok M, Jakarta Selatan, Sabtu (23/3).

Namun, semua itu telah berubah melalui upaya yang dilakukan pemerintah daerah. Kawasan Blok M kini menjadi salah satu kawasan yang tak hanya dikenal sebagai pusat mobilitas masyarakat yang menggunakan transportasi umum seperti MRT dan Trans Jakarta, melainkan kawasan yang kerap dikunjungi wisatawan.

Oleh sebab itu, berdasarkan perintah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dirinya menjelaskan bahwa pihaknya diminta untuk mengembangkan transit oriented development (TOD) atau wilayah berorientasi transit.

Kawasan Blok M, termasuk Terminal Blok M dan sejumlah bangunan lain seperti Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI) dan MRT ASEAN, pun bakal dioptimalkan sebagai kawasan mixed use development.

“Itu nanti plan-nya sesuai izin Pemprov itu membangun suatu mixed use development, ini ada perkantoran dan lain sebagainya dan hunian yang terintegrasi dengan semua karena kita connecting dengan Peruri dan Asean. Jadi ini kawasan yang luar biasa, akan menjadi kawasan moderen yang terintegrasi dengan publik,” jelasnya.

Kendati demikian, Tuhiyat menjelaskan bahwa penataan Kawasan Blok M kini masih masuk tahap kajian akhir. Walhasil, ia mengaku belum bisa merincikan total anggaran yang dibutuhkan untuk menata Blok M. Namun, ia memastikan hal tersebut akan dilakukan tahun ini. (jr)

Artikulli paraprak
Artikulli tjetër

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles