Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

Depok Wabah Flu Singapura

JAKARTA | RMN Indonesia

Depok dihantui virus flu singapura. Jumlah penderita virus flu singapura ini meningkat di RSUD Khidmat Sehat Afiah (KiSA) dalam beberapa bulan terakhir.


Berdasarkan data RSUD KiSA, angka kenaikan pasien yang terinfeksi virus flu Singapura mengalami kenaikan sejak Januari 2024 lalu. Tercatat, jumlah pasien flu Singapura hanya 4 orang pada bulan Februari 2024. Namun jumlahnya meningkat hingga 10 orang pada Maret 2024.


Direktur Utama RSUD KiSA, Sobari menjelaskan, virus ini umumnya menyerang sistem kekebalan tubuh pada anak-anak. Flu singapura merupakan jenis penyakit yang berasal dari virus. Jika kekebalan imun pada seseorang itu kuat, maka virus flu Singapura akan sembuh dengan sendirinya.


“Flu Singapura itu kan sebetulnya penyakit virus, dia akan sembuh sendiri kalau orang itu kuat,” kata Sobari, Selasa (26/3).
Adapun gejala orang yang terinfeksi virus flu Singapura akan mengalami demam satu hingga dua hari. Kemudian, timbul ruam-ruam kemerahan pada bagian tangan dan kaki bahkan hingga ke mulut.


“(Perawatan) Tergantung kalau dia merasa terganggu butuh perawatan, tadi saya bilang virus ini sebetulnya kalau dia sistem imunnya bagus akan sembuh sendiri,” ungkapnya.


Sobari menambahkan, flu Singapura masuk ke Indonesia karena kontak fisik masyarakat dengan warga negara asing (WNA).
Masyarakat yang terkena flu Singapura dihimbau untuk mengisolasi diri. Namun, jika membutuhkan perawatan segera mendatangi fasilitas kesehatan. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles