Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

Pemprov DKI akan Tambah Kuota Mudik Gratis

JAKARTA | RMN Indonesia

Kabar gembira bagi warga Jakarta yang ingin mengikuti mudik gratis jelang Lebaran nanti. Pasalnya Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menambah kuota pemudik gratis.

“Kami sedang berkoordinasi dengan beberapa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan mereka sudah menyatakan bersedia menambah bus, dan ini yang nantinya kita akan umumkan pada pembukaan pendaftaran sesi kedua,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Syafrin juga menyebut hingga saat ini pihaknya tengah melakukan proses verifikasi pendaftar program mudik gratis gelombang pertama.

Dari hasil verifikasi tersebut diharapkan dapat secepatnya selesai sehingga tambahan kuota gelombang kedua sudah bisa diumumkan minggu depan.

“Iya masih tahap verifikasi, kita harapkan dalam waktu dekat kami sudah mendapatkan keseluruhan data pendaftar, kemudian hasil verifikasi, kemudian untuk kita umumkan jika terjadi kekosongan yang tidak memenuhi syarat pada saat mendaftar,” ujar Syafrin.

Selain menunggu proses verifikasi, kata Syafrin pihaknya juga masih menghitung jumlah kuota dan tambahan bus, Syafrin berharap pendaftaran gelombang kedua bisa diumumkan pekan depan.

“Sekarang kan sedang verifikasi, kita harapkan Minggu ini paling lambat selesai, sehingga pada awal minggu depan kita bisa umumkan,” ujar Syafrin.

Selain itu, di sesi kedua mudik gratis ini Pemprov DKI Jakarta juga bekerja sama dengan sejumlah BUMD lainnya untuk penambahan bus mudik.

Sejauh ini, Syafrin menyebut sudah ada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS (BAZIS)) DKI Jakarta yang memberikan tambahan enam unit bus untuk pendaftar penyandang disabilitas.

Adapun persyaratan bagi pendaftar mudik gratis masih sama seperti gelombang satu, yaitu menyertakan kelengkapan administrasi seperti Kartu Keluarga (KK), KTP, dan STNK jika ingin membawa motor.

Adapun jumlah pendaftar program mudik gratis dari kuota 18.760 yang ditetapkan sudah terpenuhi. Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 259 unit bus pengangkut penumpang yang diberangkatkan saat arus mudik dan 210 bus saat arus balik.

Lalu Pemprov DKI juga menyediakan 13 unit truk pengangkut kendaraan bermotor pemudik yang akan diberangkatkan saat arus mudik dan 10 unit truk saat arus balik.

Daftar 19 kota/kabupaten tujuan bus mudik gratis antara lain:

  1. Terminal Rajabasa, Kota Bandar Lampung
  2. Terminal Alang-Alang Lebar, Kota Palembang
  3. Terminal Indihiang, Kota Tasikmalaya
  4. Terminal Kertawangunan, Kab. Kuningan
  5. Terminal Kota Tegal
  6. Terminal Pekalongan
  7. Terminal Mangkang, Kota Semarang
  8. Terminal Kab. Kebumen
  9. Terminal Cilacap
  10. Terminal Bulupitu Purwokerto
  11. Terminal Tirtonadi Solo
  12. Terminal Mendolo Wonosobo
  13. Terminal Giwangan Jogjakarta
  14. Terminal Pilangsari Sragen
  15. Terminal Giri Adipura Wonogiri
  16. Terminal Purboyo Madiun
  17. Terminal Tamanan Kediri
  18. Terminal Kepuhsari Jombang
  19. Terminal Arjosari Malang(JR)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles