Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Langkah Pemprov DKI Gencarkan Vaksinasi DBD dapat Dukungan

JAKARTA | RMN Indonesia

sebagai langkah pencegahan terhadap potensi meningkatnya kasus DBD akhir-akhir ini, anggota Komisi E DPRD DKI Jhonny Simanjuntak mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggencarkan layanan vaksin demam berdarah dengue (DBD).

“Saya setuju kita lakukan vaksin DBD, Pemprov DKI harus memberikan perhatian soal ini,” kata Jhonny di Jakarta kemarin.

Jhonny juga menuturkan hingga kini penyebaran virus dengue melalui nyamuk aedes aegypti ini terbilang luar biasa di Jakarta.

Berdasarkan data Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, Jakarta Selatan menjadi penyumbang kasus DBD terbanyak di DKI Jakarta dengan jumlah 221 kasus. Disusul Jakarta Barat 219 kasus, Jakarta Timur (114), Jakarta Utara (75), Jakarta Pusat (50) dan Kepulauan Seribu dua kasus.

Karena itu, perlunya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menerapkan aspek pencegahan. Salah satunya melakukan sosialisasi kepada warga untuk mampu mendeteksi penyakit tersebut.

“Mengenai ini bukan di permukiman kumuh lho, tapi terjadi di tempat-tempat orang hebat juga karena ada genangan air tanpa disadari,” ujarnya.

Meski nanti biaya vaksin terbilang mahal tentunya hal ini sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk menyediakan anggaran terkait penanganan DBD.

“Jangan ketika mahal malah terhalang alasan anggaran, ada cara kita mengatasi hal darurat dengan pengalihan anggaran yang lain untuk masalah ini,” ujarnya.

Dia berharap, DBD di Jakarta tidak menjadi persoalan tahunan sehingga butuh langkah nyata dari pemerintah dan masyarakat untuk bersama melakukan pencegahan.

Sebelumnya, Kepala Seksi Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Taman Sari, Ngabila Salma mengatakan, layanan vaksin demam berdarah dilakukan untuk pencegahan kasus DBD yang biasanya meningkat pada musim hujan.

Tarif vaksin DBD sebesar Rp1.000.000 untuk dua kali vaksin. Pemberian vaksin dilakukan pada hari Senin dan Kamis (sepanjang bulan Ramadhan) mulai pukul 08.00-15.00 WIB.

Adapun ketentuan vaksin DBD, yaitu berusia 6-45 tahun, mengisi pendaftaran di bit.ly/dbdrsudtamansari setelah melunasi pembayaran vaksin dengan cara transfer ke nomor rekening Bank DKI 30042700298 an RSUD Taman Sari.

Untuk informasi vaksin DBD lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon 085-8924-81576.(JR)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles