Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Kereta Api Primadona Pemudik

JAKARTA | RMN Indonesia

Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyebut kereta api menjadi moda transportasi primadona yang diminati pemudik.

Hal ini merupakan kajian yang telah dilakukansurvei dengan hasil 193 juta potensi perjalanan lalu lintas mudik tahun ini.

Ketua MTI Tory Damantoro menyebut, beberapa hal yang banyak disoroti adalah kuota mudik gratis yang banyak diminati masyarakat seperti tahun sebelumnya. Namun untuk tahun ini kereta api menjadi moda transportasi yang banyak diminati.

“Diprediksi kereta api menjadi moda transportasi yang banyak diminati masyarakat,” ujar Tory, dalam konferensi pers MTI, di Jakarta, Senin (1/4).

Hal ini sejalan dengan hasil survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT) menunjukkan, kereta api merupakan angkutan mudik lebaran paling banyak dipilih masyarakat, yaitu sebanyak 39,32 juta orang (20,3%).

Lalu, diikuti angkutan berupa bus sebanyak 37,51 juta orang (19,4%), mobil pribadi 35,42 juta orang (18,3%), dan sepeda motor sebesar 31,12 juta orang (16,07%).

Selain itu, hasil survei juga menunjukkan jumlah pergerakan masyarakat saat musim mudik Lebaran 2024 diprediksi mencapai 193,6 juta orang atau mencapai 71,7% dari total jumlah penduduk Indonesia.

Lebih lanjut, Tory mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan kuota transportasi gratis yang telah disediakan pemerintah.

“MTI berharap masyarakat tidak mudik dengan menggunakan sepeda motor apalagi membawa anak kecil. Masyarakat bisa memanfaatkan transportasi mudik gratis agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles