Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

PDIP Buka Pendaftaran Bacagub Jakarta

JAKARTA | RMN Indonesia

Jelang Pemilihan Kepala Daerah Jakarta Tahun 2024, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tengah menjaring bakal calon dan terbuka bagi siapa pun yang ingin mendaftarkan diri.

“Untuk urusan pilkada, sekarang kita lagi menjaring. Dengan siapa pun kita terbuka,” kata Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, kemarin.

Ia mempersilakan siapa pun yang memiliki semangat untuk membangun Jakarta dan memiliki kemampuan serta integritas untuk mendaftarkan diri di kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Dewan Pimpinan Cabang (DPC), maupun Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan.

“Jadi, sekarang prinsipnya pemimpin itu kan berasal dari rakyat. Kita jaring dari rakyat. Silakan untuk mendaftarkan diri,” kata Djarot.

Setelah pendaftaran, PDI Perjuangan akan menyaring dan mewawancarai calon-calon yang telah mendaftarkan diri.

“Kita membuka pendaftaran. Lalu, setelah itu akan dilakukan penyaringan dan wawancara. Tentu saja masih banyak tokoh-tokoh yang mampu untuk membawa Jakarta menjadi lebih baik,” katanya.

Mengenai kemungkinan Menteri Sosial Tri Rismaharini maju pada Pilkada Jakarta, Djarot menegaskan bahwa PDI Perjuangan memiliki banyak kader potensial, selain Risma.

“Selain Bu Risma, ada banyak tokoh-tokoh potensial, baik dari internal maupun eksternal,” ucapnya.

Djarot meminta masyarakat menunggu partainya untuk mengumumkan nama-nama kader yang akan dijagokan pada Pilkada Jakarta 2024.

Mengenai Pilkada Jawa Tengah, Djarot mengatakan bahwa Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Bambang Wuryanto atau akrab disapa Bambang Pacul tidak berkenan untuk ikut dalam kontestasi tersebut.

“Beliau katanya tidak berkenan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya juga masih dalam proses penjaringan bakal calon gubernur, bupati, dan wali kota untuk pilkada di Jawa Tengah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar Pilkada Serentak 2024 di 37 provinsi di Indonesia.Satu provinsi, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta tidak melaksanakan pilkada langsung.

Kemudian, dari 514 kabupaten/kota, hanya 508 kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada serentak, sementara enam kabupaten/kota administratif di DKI Jakarta tidak ada pilkada langsung.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan pemungutan suara Pilkada Serentak 2024 dijadwalkan pada 27 November 2024.(JR)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles