Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

Pemprov DKI Didesak Percepat Pembangunan Tanggul Laut Raksasa

JAKARTA | RMN Indonesia

Guna mengatasi banjir dan rob di Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI didesak untuk mempercepat pembangunan tanggul laut raksasa (giant sea wall) sepanjang 22 kilometer di kawasan pantai Utara Jakarta.

“Pembangunan ‘giant sea wall’ merupakan upaya untuk mengatasi persoalan banjir dan rob sehingga harus dituntaskan,” kata anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta Lukmanul Hakim Lukmanul kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Selain mengatasi banjir, kata dia, pembangunan tanggul laut raksasa sebagai upaya penyelamatan pesisir utara Pulau Jawa dari ancaman tenggelam karena kenaikan air laut.

Dia menilai tanggul raksasa tersebut mampu mengatasi persoalan-persoalan khususnya banjir yang selalu ada dan rob di bulan-bulan air pasang.

Dengan demikian, dia berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mampu mematangkan konsep pembangunan tanggul laut raksasa karena berkaitan dengan tata ruang dan bersinggungan dengan provinsi lain.

Tanggul di pantai utara Jakarta rencananya dibangun sepanjang 46 kilometer (km). Kini, sudah terbangun 13 kilometer dan tersisa pembangunan sepanjang 33 kilometer.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menggarap 11 kilometer tanggul raksasa dan Pemprov DKI Jakarta sepanjang 22 km.

Sementara itu, tanggul sepanjang 22 km yang menjadi bagian Pemprov DKI Jakarta prosesnya masih menunggu desain yang dibuat oleh Kementerian PUPR.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Yusmada Faizal di Balai Kota Jakarta, Selasa (2/1) mengatakan tanggul pantai sepanjang 11 kilometer itu berada di empat klaster, yakni Muara Angke, Pantai Mutiara, Ancol Barat dan Kali Blencong.(JR)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles