Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

BPS: Bawang Merah Alami Inflasi 0,14%

JAKARTA | RMN Indonesia

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat komoditas bawang merah mengalami inflasi 30,75% pada April 2024. Sementara andil terhadap inflasi mencapai 0,14%.

Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia A Widyasanti mengatakan, kondisi itu terjadi karena menurunnya suplai bawang merah pada sejumlah wilayah. Selain itu, inflasi yang terjadi merupakan yang tertinggi selama periode Januari 2021 sampai April 2024.

“Sejalan dengan laporan BMKG Maret 2024, curah hujan sangat tinggi terjadi di Jawa Tengah bagian Utara. Kami mencatat peristiwa ini berdampak pada harga bawang merah di April 2024, kenaikan harga disebabkan karena terganggunya produksi di wilayah sentra karena banjir di sepanjang Pantura seperti Brebes, Cirebon, Kendal, Demak, Grobogan, Pati dan lain-lain,” tuturnya dalam konferensi pers hari ini, Kamis (2/5).

Amalia menambahkan, selain bawang merah, komoditas tomat juga kembali mengalami inflasi setelah sebelumnya mengalami deflasi 2 bulan berturut-turut.

Sementara itu, tekanan inflasi bawang putih sudah mulai melandai seiring dengan realisasi impor bawang putih yang meningkat pada Maret 2024.

“Tekanan inflasi daging ayam ras juga berkurang sejalan dengan peningkatan produksi dan juga produksi jagung pipilan kering pada Maret dan april 2024,” pungkas Amalia. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles