Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

Menteri PUPR Sebut Akses Tol IKN Siap Dioperasikan

JAKARTA | RMN Indonesia

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut akses tol menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara siap difungsionalkan sebelum pelaksanaan upacara 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara. Progres pembangunan tol sudah mencapai 81%.

Di ketahui Jalan tol IKN akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) tepatnya di KM 8 – Kariangau, sehingga tidak perlu melewati Tol Balsam hingga KM 33, kemudian menuju Sepaku dan masuk ke IKN Nusantara yang membutuhkan waktu kira-kira 1 jam 30 menit.

“Tol IKN sepanjang 27 KM dari Kariangau sampai ke Jembatan Pulau Balang. Ini yang akan kita manfaatkan pada 17 Agustus 2024 sebanyak 3 lajur,” ujar Basuki, dikutip Minggu (12/5).

Ia menjelaskan, saat ini pelaksanaan kontruksi jalan tol masih berjalan, termasuk pengerjaan overpass, beautifikasi, dan kelengkapan jalan tol. Ia menyampaikan secara keseluruhan tidak ada hambatan dalam pembangunan tol akses IKN, hanya saja perlu sedikit perhatian pada pembangunan jembatan Sungai Wain Karena strukturnya tanah.

“Secara fisik tidak ada hambatan untuk pembangunan Tol IKN, tetapi ada sedikit di lokasi sini (Jembatan Sungai Wain), tetapi kami upayakan akan selesai semua Agustus 2024,” imbuh dia.

Pembangunan Jalan Tol IKN yang saat ini sudah berjalan terdapat tiga seksi, yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progress 77%, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dengan progress 80%, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km dengan progres 82%. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles