Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

Kereta Bandara Menuju IKN Kelar 2030

JAKARTA | RMN Indonesia

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebutkan pembangunan kereta yang menghubungkan Bandara Sepinggan Balikpapan dengan IKN ditargetkan selesai 2030. Sedangkan konstruksi kereta dimulai 2035.

“Sekarang yang sedang disiapkan itu adalah moda transportasi kereta. Jalur kereta pun kita siapkan baik itu yang dari kereta bandara yang menghubungkan Bandara Sepinggan Balikpapan dengan IKN maupun jalur kereta regional yang menghubungkan IKN, Balikpapan, Samarinda dan wilayah-wilayah sekitarnya,” ujar Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN Silvia Halim, dikutip Kamis (30/5).

Ia menambahkan, kereta Bandara Sepinggan-IKN ditargetkan pembangunannya dapat selesai pada 2030.

“Untuk kereta yang menghubungkan Bandara Sepinggan Balikpapan – IKN justru yang lebih dahulu dibangun, karena memang ini diekspektasikan untuk bisa selesai pada Tahun 2030,” katanya.

Sedangkan untuk jalur kereta regional yang menghubungkan IKN, Samarinda, Balikpapan dan area-area sekitarnya saat ini sedang dalam proses tahap studi di mana rencana jalurnya masih dalam studi awal, dan nantinya perlu dilakukan studi lebih lanjut dalam bentuk feasibility study maupun basic engineering design sebelum bisa diimplementasikan.

“Dan tentu saja implementasinya kita akan melihat sesuai dengan perkembangan kota IKN. Pada tahap awal tentu saja kita belum ekspektasikan untuk dibangun, karena berdasarkan rencana induk kita ekspektasikan mungkin mulai dibangun setelah 2035 untuk kereta regional,” kata Silvia.

Dia mengatakan bahwa rencana pembangunan kereta Bandara Sepinggan-IKN dan kereta regional tersebut selaras dengan target 80 persen transportasi publik di IKN.

“Inilah justru target rencana kita, karena ini yang selaras dengan IKN yakni target 80 persen transportasi publik,” katanya.

Sebagai informasi, Kereta Bandara yang menghubungkan IKN-Bandara Sepinggan Balikpapan bertujuan sebagai moda transportasi makro berbasis transit yang menghubungkan IKN dan Balikpapan, serta memfasilitasi inter-city accessibility.

Kehadiran kereta Bandara tersebut diharapkan dapat memangkas waktu perjalanan antara Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dan Bandara Sepinggan Balikpapan kurang lebih 34 menit dengan jarak tempuh sekitar 46,06 km. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles